Wagub Jateng Salut Kreatifitas Pokdarwis Waduk Tempuran

oleh -1 views
Wagub Taj Yasin dan rombongan naik perahu naga menyeberangi waduk Tempuran menuju lokasi kebun Jambu Kristal Tempuran. (Foto: Istimewa)

Beritaplatk, Blora- Upaya yang dilakukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Tempuran, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, diapresiasi penuh oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah. Sebab, Pokdarwis setempat dinilai mampu mengoptimalkan pembangunan tempat di areal sekitar Waduk Tempuran.

Apresiasi itu diungkapkan Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah, H. Taj Yasin Maimoen, saat meninjau lokasi desa wisata Tempuran, yang dikelola Pokdarwis desa setempat, Sabtu (06/11/2021).

Tak hanya itu, Wagub Taj Yasin juga mengaku senang dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) setempat, bahwa di atas waduk Tempuran sudah diberi pembatas. Karena itu, potensi rawan kecelakaan bisa diminimalisir.

Dengan didampingi Kepala Desa Tempuran, Wagub Taj Yasin dan rombongan kemudian diajak naik perahu naga, kemudian menyeberangi waduk Tempuran menuju lokasi kebun Jambu Kristal Tempuran (JKT).

Saat berada di kebun JKT, Taj Yasin meninjau tanaman jambu dan mengamati potensi apa saja yang bisa dikembangkan di lokasi setempat.

“Di sana tadi ada buahnya, ada pohon jambu kristal Tempuran, yang disebut JKT, bukan Jakarta. Kalau melihat tanahnya, kayaknya subur sehingga nanti bisa dikembangkan dengan, misalnya, buah anggur, atau di Kabupaten Blora itu ada durian. Atau mungkin farm, peternakan sapi, tadi rumputnya subur. Bisa ditanam rumput gajah, kemudian nanti bisa dikembangkan sapi perahnya,” ujar Taj Yasin.

Setelah puas mengunjungi kebun jambu, Wagub Taj Yasin bersama Bupati Blora H. Arief Rohman dan rombongan, kemudian menikmati sajian kuliner ikan bakar di pendopo kuliner iwak kali.

Taj Yasin juga menyarankan warga masyarakat setempat, untuk berternak sapi perah atau sapi potong. “Ini perlu kita dorong, sehingga bisa menyerap tenaga kerja, menambah inkam di Kabupaten Blora,” katanya.

Baca Juga:  Wahyu Bella Prihantoro, Calon Advokat Muda Blora Penyuka Hobi Bertani

Sementara itu, Bupati Blora H. Arief Rohman mengucapkan terimakasih atas arahan dan petunjuk dari Wagub Jateng, yang telah hadir meninjau lokasi destinasi wisata, khususnya di desa Tempuran. Ia pun mendorong Pokdarwis, supaya bisa lebih inovatif dan berkembang.

Usai dari desa wisata Tempuran, Wagub Taj Yasin kemudian meninjau pelaksanaan vaksinasi di Ponpes Al Hikmah, Desa Ngadipurwo, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora. Ia juga menyebut bahwa di Kabupaten Blora masih berada di level 3, yang artinya vaksinasinya belum terpenuhi dari kecukupan.

“Dan kita harapkan vaksinasi ini dilakukan secara serentak. Tapi orang tuanya, juga ibu hamil juga harus divaksin,” ucap Wagub.

Taj Yasin menjelaskan bahwa di Kabupaten Blora vaksinasi sudah mencapai 50 persen, namun lansianya yang belum tercapai. Sedangkan untuk Jawa Tengah sudah 60 persen.

“Berarti, memang ada kabupaten-kabupaten yang lansianya belum tervaksin. Itu biasanya, vaksin lansia itu transportasinya ke akses Puskesmas dan biasanya masih ada ketakutan. Jadi memang perlu didata. Saat ini Puskesmas saya minta untuk mendata, lansianya ada berapa, kita door to door saja,” pintanya.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *