Sel. Agu 3rd, 2021

Vaksinasi Ibu Hamil dan Anak di Jepara Tunggu Teknis Kementerian

Jepara – Pemerintah pusat telah me-launching vaksinasi bagi ibu hamil dan anak usia 12-17 tahun Rabu (29/6) lalu. Namun, di Jepara sejauh ini belum mulai kegiatan tersebut. Lantaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jepara perlu menunggu petunjuk teknisnya dari Kementerian Kesehatan RI.

”Kalau masalah riset dan lainnya itu dari kementerian. Kami bagian yang menjalankan saja nantinya,”  terang Kepala Dinkes Jepara Mudrikatun.

Vaksinasi bagi ibu hamil dan anak usia 12 hingga 17 tahun ialah terobosan dalam menghadapi pandemi Covid-19. Agar cakupan vaksinasi di Indonesia dapat diperluas. Izin penggunaan daruratnya (emergency use authorization/EUA) telah diterbitkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Targetnya ada sekitar 32,6 juta orang.

Saat ini teknisnya masih dibahas di tingkat Kementerian Kesehatan. Sembari menunggu itu, Dinkes Jepara fokus dalam program percepatan vaksinasi di Jepara. Salah satunya dengan membuka sentra vaksinasi. ”Kalau sudah ada petunjuk teknisnya baru berjalan,” imbuh Mudrikatun.

Berupa kegiatan vaksinasi masal di satu tempat dan siapapun berhak divaksin. Belum lama ini telah diadakan di Gedung Wanita Jepara dengan sasaran dua ribu orang.

Selain itu, tiap fasilitas layanan kesehatan dituntut melayani vaksinasi sekitar 150 orang perhari. Jepara saat ini target vaksinasinya sekitar empat ribu orang per hari.

Jepara mendapatkan stok vaksin sebanyak 86.030 dosis. Vaksin tersebut telah dialokasikan ke beberapa sasaran. Mulai dari tenaga kesehatan sekitar 5.132 orang, pelayan publik sekitar 41 ribu orang, dan lansia sekitar 16 ribu orang.

Dinkes Jepara menarget vaksinasi sekitar 536 ribu masyarakat umum. Sejauh ini yang telah divaksin sekitar empat ribu orang. Jumlah tersebut bisa terus bertambah. Lantaran Pemkab Jepara terus berupaya mengenjot cakupan vaksinasi.

sumber : https://radarkudus.jawapos.com/read/2021/07/05/273385/vaksinasi-ibu-hamil-dan-anak-di-jepara-tunggu-teknis-kementerian

(Visited 1 times, 1 visits today)

Pin It on Pinterest