Taman Budaya Jepara Bakal Dibangun di Atas Lahan Seluas Lima Hektare

oleh -0 views

Jepara – Rencana pembangunan Taman Budaya Jepara (TBJ) masih terus menggelinding. Bahkan Pemkab Jepara sudah menunjuk sebuah konsultan untuk menjelaskan detail rencana ruang dan bangunan dari TBJ ini. Pemaparan mengenai rencana tata ruang dan bangunan TBJ sendiri digelar di Aula Kantor Disparbud, Selasa (25/2/2020).

Lina salah satu konsultan rencana pembangunan TBJ mengatakan, TBJ ini akan dibangun di atas lahan seluas lima hektare. Dari luasan itu, ada sejumlah fasilitas yang akan dibangun dalam proyek tersebut. Di antaranya akan dibangun gedung pertunjukan berbentuk pendapa megah seluas 60 x 65 meter persegi. Kemudian gedung galeri berukuran 40 x 40 meter persegi.

Di luar itu masih ada fasilitas pertunjukan out dor dengan kapasitas 1.500 orang, juga taman dan fasilitas Pasar Seni. Rumah ibadat dari beberapa agama juga dibangun di kawasan ini nantinya. Tidak ketinggalan nantinya akan beberapa kantong parkir yang bisa memuat 600 sepeda motor, 100 mobil dan 10 bus besar.

”Semua fasilitas ini kami rangkum dalam sebuah rencana master plan, setelah mendegarkan masukan-masukan dan konsep yang disampaikan mengenai keberadaan Taman Budaya Jepara ini. Kami paparkan di sini untuk mendapatkan masukan-masukan lagi untuk penyempurnaan,” ujar Lina, Konsultan Rencana Pembangunan TBJ ini, Selasa (25/2/2020).

Dari kalangan seniman budayawan Jepara, dalam kesempatan itu menyampaikan beberapa masukan. Sebagian besar menyatakan masih belum sepakat dengan tata letak gedung-gedung yang sudah direncanakan. Termasuk mengenai masalah pintu masuk, mereka berharap tetap mengedepankan nilai-nilai filosofis yang ada di Jepara.

”Kami kira rencana masterplan ini masih perlu dibahas lebih lanjut. Ada banyak hal yang perlu diperdalam untuk menyesuaikan dengan konsep awal yang diusung. Sehingga fasilitas yang dibangun nantinya sesuai dengan konsepnya,” ujar salah seorang seniman, dalam kesempatan itu.

Baca Juga:  Tentara Kodim Kudus Diajari Jurnalistik, Ini Tujuannya

Sementara itu, Sekretaris DKJ (Dewan Kesenian Jepara) Rhoby Shani menegaskan, secara kelembagaan DKJ sejauh ini tidak pernah terlibat langsung dalam proses ini. Jika ada yang menyebut bahwa rencana pembangunan TBJ ini berawal dari usulan kalangan seniman, pihaknya tidak bisa menyatakan bahwa itu diusulkan oleh DKJ.

”Bisa jadi hiya usulan ini berawal dari kalangan seniman. Tapi harus saya sampaikan juga, kalau secara kelembagaan DKJ yang menaungi para seniman di Jepara tidak pernah membahas secara resmi soal ini. Tapi ya nggak masalah, ini gagasan baik dan mudah-mudahan bisa terwujud dan memberi manfaat bagi semua,” ujarnya.

Sumber murianews.com https://www.murianews.com/2020/02/25/183255/taman-budaya-jepara-disiapkan-di-atas-lahan-seluas-lima-hektare.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *