Tak Lagi Diputar Balik, Bus AKAP Sudah Boleh Melintas Rembang

oleh -1 views

Rembang – Aparat berwenang kini telah memperbolehkan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) Semarang-Surabaya atau bus pengangkut penumpang lain untuk melintas wilayah perbatasan Jateng-Jatim di Rembang. Ini dilakukan setelah proses penyekatan arus mudik-balik sudah selesai sejak Minggu (7/6/2020) kemarin.

Dengan kebijakan ini sudah tidak ada lagi penghadangan bus atau kendaraan yang dipaksa putarbalik jika tak bisa menunjukkan surat-surat jalan.

Dikutip dari Radio R2B Rembang, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Rembang Moch Daenuri mengatakan, Pemkab Rembang sudah tidak membatasi hilir mudik bus pengangkut penmupang.

“Kemarin-kemarin mungkin mereka takut dihentikan dan disuruh balik, sekarang kalau mau lewat monggo, tapi sebaiknya protokol kesehatan tetap diterapkan,” katanya, Senin (8/5/2020).

Ia menyatakan, bus yang melintas Rembang harus masuk ke terminal yang ada di Rembang. Pihaknya memastikan tidak ada pungutan retribusi.

“Di sini kan ada dua terminal, Rembang sama Lasem. Kami enggak pungut retribusi pada bus AKAP kok. Jadi hanya aktivitas menaikkan sama menurunkan penumpang saja, “ ujarnya.

Ia menyebut, sejak pandemi corona, banyak sarana transportasi umum berhenti beroperasi. Termasuk bus AKAP seperti Bus Po Indonesia, Sinar Mandiri, Jaya Utama dan sejenisnya. Mereka yang memiliki garasi bus di Jawa Timur, kemungkinan menyesuaikan kebijakan pemerintah setempat, sehingga memilih menghentikan operasional.

“Mungkin saja dari Jawa Timur nya enggak boleh keluar dulu. Tapi kalau dari kami nggak masalah, “ ujarnya.

Ia menyebut, selama proses penyekatan di empat pos perbatasan antardaerah di Rembang pihaknya sudah memeriksa 28.881 orang. Pemeriksaan termasuk dilakukan terhadap kondisi kesehatan mereka.

Dari ribuan orang itu, terdapat 14 orang yang memiliki suhu di atas 38 derajat celsius. Namun dari hasil rapid test menunjukkan jika 14 orang tersebut nonreaktif.

Baca Juga:  Gantikan Posisi Ruben, Rachmat Irianto Perankan Bek Kiri Dengan Baik

”Hasilnya seperti itu, alhamdulilah tidak ada temuan positif Covid-19. Tapi empat pos lintas batas ini sudah kami hentikan, “ pungkasnya.

Sumber murianews.com https://www.murianews.com/2020/06/08/189530/tak-lagi-diputar-balik-bus-akap-sudah-boleh-melintas-rembang.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *