Tak Ada Pengurangan Pekerja, Perusahaan Di Kudus Lakukan Pengaturan Ulang Shift

oleh -2 views

Kudus – Hingga pekan ini, belum ada satupun perusahaan di Kabupaten Kudus yang mengajukan pengurangan karyawan kepada Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kudus.

Sejauh ini, Disnaker Perinkop dan UKM baru menerima pemberitahuan pengaturan ulang shift puluhan pekerja, terkait dampak penyebaran virus koruna.

Hasil pantauan pengawas ketenagakerjaan yang disampaikan ke dinas, pemenuhan hak normatif buruh tetap dikedepankan.

“Kami sudah sampaikan pentingnya mengantisipasi dinamika tersebut dengan mengirim surat kepada perusahaan sejak 16 Maret lalu,” kata Kadinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kudus, Bambang Tri Waluyo, Senin 30/03/2020 sore.

Dia merinci, pengurangan jam kerja misalnya dari delapan jam menjadi lima jam. Pengaturan kerja dari yang semula dalam sehari dilakukan proses produksi tiga menjadi dua shif. Semua itu dilakukan dengan mempertimbangkan kepentingan perusahaan dan upaya mengantisipasi penyebaran virus korona.

Sejauh ini, belum ada perusahaan yang memberlakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Seandainya hal tersebut terjadi, perusahaan dan pekerja diminta membuat kesepakatan secara bipartit.

Kepentingan perusahaan dan pekerja diupayakan terpenuhi menyikapi kondisi sulit seperti sekarang ini.Saat sekarang, di Kota Kretek terdapat sekitar 700-an perusahaan besar, menengah dan kecil. Adapun jumlah buruh diperkirakan 300 ribu.

sumber jurnalpantura.id https://jurnalpantura.id/tak-ada-pengurangan-pekerja-perusahaan-di-kudus-lakukan-pengaturan-ulang-shift/

Baca Juga:  Ada Wisata Edukasi Kebun Anggur di Blora, di Sini Tempatnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.