Rencana Taman Budaya di Pakis Aji Disoal, Pemkab Jepara: Ini Bisa Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi

oleh -0 views

Jepara – Pemkab Jepara berencana membangun Taman Budaya Jepara di Pakis Aji. Meski bisa dikatakan baru wacana, nyatanya rencana ini sudah mematik beberapa komentar dari masyarakatnya. Terutama terkait dengan rencana pembangunan yang akan mengambil tempat di Pakis Aji, Jepara.

Salah satu tokoh seniman Jepara Didid Endro menyebut pemilihan tempat di Pakis Aji perlu dikaji ulang. Kebutuhan akan taman budaya perlu mempertimbangkan banyak hal. Mulai dari masalah sumber daya sekitar hingga akses transportasi, sehingga keberadaannya benar-benar representative.

Selain itu, pemkab juga perlu mempertimbangkan masalah pendanaannya. Dengan begitu konsep yang disiapkan benar-benar bisa terwujud. Pertimbangan efisiensi juga harus dikedepankan berkait dengan masalah anggaran ini.

“Untuk menghemat anggaran kan bisa saja, misalnya memanfatkan ruang atau gedung yang sudah ada. Tinggal dilakukan re-layout sesuai dengan kebutuhan. Dan lokasinya bisa saja di wilayah yang akses transportasi atau akses lainnya sudah ada,” ujarnya.

Menanggapi hal ini, Pemkab Jepara melalui Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Jepara Zamroni Liztiaza menyatakan hal itu sudah dipertimbangkan. Lahan yang dimiliki Pemkab Jepara kebetulan memang kebetulan ada di Pakis Aji, tepatnya di sebelah utara Bumi Perkemahan Pakis Aji.

Lokasi tersebut mencakup kebutuhan lahan yang ada. Selain itu, Pemkab Jepara menginginkan Taman Budaya Jepara tersebut nantinya juga akan berfungsi sebagai sebuah destinasi pariwisata baru bagi Jepara. Selain tentu saja sebagai pusat pengembangan kebudayaan Jepara.

“Jadi tidak semata-mata hanya untuk masalah budaya saja secara terbatas. Nanti disana kami harapkan juga bisa menjadi destinasi wisata baru bagi Jepara. Selanjutnya juga bisa menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru bagi Jepara,” katanya.

Keberadaannya di Pakis Aji juga diharapkan mampu menyokong pertumbuhan desa pariwisata yang ada di sekitarnya. Desa-desa di sekitar Pakis Aji juga memiliki seni budaya yang bisa dikembangkan untuk masyarakatnya. Sehingga nantinya keberadaan Taman Budaya Jepara ini juga bisa memberi dampak positif bagi desa-desa sekitarnya.

Baca Juga:  Tinggal Perawatan, Gedung DKK Jalan Pandanaran Siap Difungsikan

Di Taman Budaya Jepara, nantinya akan dibangun pendapa besar berukuran 30×30 meter. Masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas ini baik untuk pementasan, perhelatan, atau kegiatan-kegiatan yang lain. Secara bertahap juga akan dibangun fasilitas penunjang lainnya.

sumber murianews.com https://www.murianews.com/2020/02/18/182699/rencana-taman-budaya-di-pakis-aji-disoal-pemkab-jepara-ini-bisa-jadi-pusat-pertumbuhan-ekonomi.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *