Puluhan Jemaah Salat Gerhana Matahari di Masjid Agung Baitul Makmur Purwodadi

oleh -4 views

Grobogan – Masjid Agung Baitul Makmur Purwodadi menyelenggarakan salat gerhana matahari, Minggu (21/6/2019). Ada sekitar 50 orang yang mengikuti salat gerhana yang usai salat Asar berjemaah itu.

Setelah salat Asar, takmir masjid terlebih dulu mengumumkan pada jemaah jika bakal diselenggarakan salat gerhana matahari. Adanya pengumuman ini membuat sebagian besar jemaah tetap bertahan di dalam masjid guna mengikuti salat gerhana dan mendengarkan khutbah yang disampaikan pegawai Kemenag Zaenal Arifin.

Sementara itu, Sekretaris MUI Grobogan Nur Kholis mengungkapkan, dari informasi yang diterima, ada cukup banyak masjid yang menyelenggarakan salat gerhana pada hari ini. Baik masjid di kawasan kota maupun yang ada di desa.

“Ada banyak masjid yang melaksanakan salat gerhana sore tadi. Kebetulan, saya tadi jadi khatib salat gerhana di Masjid Darul Muttaqin, Sambak Indah Purwodadi,” kata Kepala KUA Purwodadi itu.

Meski demikian, dalam waktu pelaksanaannya ada yang berbeda. Dimana, ada yang melaksanakan salat gerhana dulu baru setelah itu mendirikan salat Asar berjemaah. Sementara ada yang sebaliknya, yakni mendirikan salat Asar berjemaah dulu dan setelah itu baru melaksanakan salat gerhana.

Ia menambahkan, beberapa hari sebelumnya, dari pihak Kemenag dan MUI Jawa Tengah sudah mengeluarkan surat imbauan kepada takmir masjid supaya menyelenggarakan salat gerhana pada hari ini. Yakni, seiring adanya gerhana matahari cincin yang merupakan salah satu tanda kebesaran Allah SWT.

sumber murianews.com https://www.murianews.com/2020/06/21/190426/puluhan-jemaah-salat-gerhana-matahari-di-masjid-agung-baitul-makmur-purwodadi.html

Baca Juga:  Cara Unik SMP 1 Kudus Cinta Lingkungan, Gelar Lomba Lukis Pot Bunga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *