Pulang dari Bangka Belitung, Komisi D Usul Bekas Galian C Jepara Jadi Destinasi Wisata

oleh -0 views

Jepara – Komisi D DPRD Jepara, usai melakukan kunjungan kerja ke Bangka dan Pangkal Pinang, meminta agar dilakukan kajian terhadap lahan bekas Galian C untuk kemungkinan bisa dimanfaatkan. Merespon masalah tambang Galian C di Jepara, DPRD Jepara memang menyempatkan diri pergi kunker ke Bangka Belitung.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jepara dan perangkat daerah terkait, diminta melakukan kajian terkait pemanfaatan lahan bekas tambang agar memberi manfaat ekonomi untuk masyarakat. Secara khusus, permintaan ini akan disampaikan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jepara menyikapi perkembangan terkini penambangan ilegal Galian C di Jepara.

“Karena ternyata, di Kabupaten Bangka dan Kota Pangkalpinang ada lahan bekas pertambangan yang bisa dimanfaatkan secara ekonomi, baik untuk di sektor pariwisata, pertanian, maupun perikanan,” kata Sekretaris Komisi D DPRD Kabupaten Jepara Sunarto, Jumat (28/2/2020).

Seluruh pimpinan dan anggota Komisi D, pada Rabu (19/2/2020) hingga Sabtu (22/2/2020) melakukan studi banding ke kedua kabupaten Provinsi Bangka Belitung tersebut. Selain soal reklamasi pascapenambangan, studi banding juga dilakukan terkait bidang pekerjaan umum dan perumahan rakyat yang menjadi tugas komisi tersebut.

Menurut Sunarto, di Bangka dan Pangkalpinang tidak ada persoalan terkait galian C. Namun disana ada banyak bekas tambang yang ternyata bisa dimanfaatkan secara ekonomi melalui sektor pariwisata, pertanian dan perikanan.

“Menurut pandangan saya, cara pemanfaatan seperti ini tentu bisa dikaji menyusul penutupan sejumlah lokasi tambang galian C ilegal di Jepara. Harus dilihat bagaimana kondisi terkini di masing-masing titik, lalu dipelajari kemungkinan pemanfaatannya. Apakah bisa dimanfaatkan untuk bidang pariwisata, pertanian, atau perikanan. Bahkan juga kemungkinan perpaduan dari ketiga sektor tersebut. Tentu saja dengan melibatkan masyarakat setempat,” tambahnya.

Dikatakannya, Komisi D DPRD Jepara akan mengundang DLH dan perangkat daerah terkait dalam rapat koordinasi untuk menyampaikan kemungkinan ini. Di Bangka dan Pangkal Pinang, pasca penambangan, rata-rata memang dibuat lokasi wisata. Juga untuk sarana perikanan bekerja sama dengan masyarakat.

Baca Juga:  Peduli Lingkungan, Pemuda Banjaragung Bersihkan Sungai Dari Sampah

Sumber murinews.com https://www.murianews.com/2020/02/28/183479/pulang-dari-bangka-belitung-komisi-d-usul-bekas-galian-c-jepara-jadi-destinasi-wisata.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *