Polres Jepara Ungkap Hasil Operasi Sikat Jaran Candi 2021, Apa Saja Hasilnya?

oleh -20 views
Jajaran Polres Jepara berhasil menangkap 11 pemetik, 5 penadah dan mengamankan barang bukti 13 unit berbagai macam merk sepeda motor

Beritaplatk.com, Jepara- Jajaran Polres Jepara berhasil menangkap 11 pemetik, 5 penadah dan mengamankan barang bukti 13 unit berbagai macam merk sepeda motor. Catatan keberhasilan itu, dalam rangkaian Operasi Sikat Jaran Candi 2021 di wilayah hukum Polres Jepara.

Operasi dilaksanakan selama 20 hari, sejak tanggal 11 Oktober hingga 30 Oktober 2021 lalu. Dalam kasus ini, penyidik masih dalam penyidikan. Sedangkan modus pelaku, yaitu masuk rumah kosong, menggunakan kunci letter T, dan mengambil motor yang kuncinya tertinggal

Kegiatan ini sebagai upaya Polres Jepara, melaksanakan instruksi Polda Jateng dengan dasar ST Kapolda Jateng tertanggal 30 September 2021, tentang Pelaksaan Operasi Sikat Jaran Candi 2021 Polda Jateng.

Sedangkan target operasi kali ini, yaitu kejahatan Pencurian dengan Kekerasan (Curas) dan Pencurian dengan Pemberatan (Curat) dengan objek kendaraan bermotor. Hal itu terungkap dalam konferensi pers yang dipimpin Kapolres Jepara, di halaman Mapolres setempat,  Selasa (2/11/2021).

 

Kapolres Jepara melalui Kasat Reskrim AKP Muhammad Fachrur Rozi, SH. S.I.K mengatakan, kasus perkara tindak pidana pencurian kendaraan bermotor roda dua, terjadi dibeberapa wilayah. Diantaranya di Kabupaten Jepara, yaitu di Kecamatan Pakis Aji, Kecamatan Jepara, Kecamatan Pecangaan, Kecamatan Welahan, Kecamatan Batealit, Kecamatan Mlonggo, Kecamatan Nalumsari dan Kecamatan Mayong.

Dengan adanya Operasi Sikat Jaran Candi  tahun 2021 ini, Polres Jepara dapat memberikan sumbangsih, menekan angka kejahatan pencurian dengan pemberatan ( curat) dengan obyek sepeda motor, khususnya di wilayah hukum Polres Jepara.

Atas perbuatan tersebut, polisi menerapkan hukuman kepada pelaku dengan Pasal 363 KUHP dengan amcaman hukuman 7 tahun penjara.

Terpisah, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi, juga memimpin konferensi pers dalam rangka ungkap hasil Operasi Sikat Jaran Candi Tahun 2021. Operasi itu dimotori Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jateng.

Baca Juga:  Atlet Berprestasi PON XX Papua Diganjar Bonus Bupati Jepara, Siapa Saja Mereka

Dalam kegiatan yang juga digelar serentak di jajaran eks Polwil se Jateng itu, Kapolda didampingi Waka Polda, Brigjen Pol Abioso Seno Aji, Karo Ops Polda Jateng, Dirreskrimum Polda Jateng, dan Kabid Humas Polda Jateng. Sedangkan Kapolres jajaran mengikuti kegiatan secara daring.

Dalam kegiatan konferensi pers yang digelar spektakuler itu, ratusan tersangka berhasil diamankan dengan sejumlah barang bukti mulai beberapa unit sepeda motor hingga mobil mewah serta alat bukti kejahatan.

Dalam kegiatan itu juga dilaksanakan penyerahan barang bukti seperti sepeda motor dan mobil kepada para pemilik yang sah.

 

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan bahwa Ops Jaran Candi 2021 yang digelar selama 20 hari yang mentargetkan pelanggar pasal 362, 363, 365 dan 480 KUHP. Selama kurun operasi dilaksanakan mendapatkan hasil sebanyak 325 (tiga ratus dua puluh lima) orang tersangka, yang terdiri dari 318 orang (Laki-laki), 6 Orang (Perempuan) dan1 Orang (Anak). (nik/pra)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *