Polisi Cilik Dan Tradisi Pedang Pora Sambut Kapolres Jepara Baru

oleh -2 views

Jepara – Tongkat komando, pucuk pimpinan di Kepolisian Resor (Polres Jepara) secara resmi telah berganti. Setelah pada Selasa 14/01/2020 dilangsungkan Sertijab di Gedung Borobudur Polda Jawa Tengah.

Kedatangan Kapolres Jepara yang baru AKBP Nugroho Tri Nuryanto, disambut dengan Pedang Pora.

Seperti telah diinformasikan sebelumnya, jabatan Kapolres Jepara dari AKBP Arif Budiman digantikan pejabat baru AKBP Nugroho Tri Nuryanto.

Tiba di halaman Mapolres Jepara, AKBP Nugroho Tri Nuryanto disambut Pocil (Polisi Cilik) dengan pengalungan dan pemberian buket bunga. Setelah itu, baru dilanjutkan dengan acara prosesi pedang pora.

Polisi Cilik (Polcil) Polres Jepara, mengalungkan bunga kepada Kapolres Jepara yang baru

Tradisi pedang pora pada acara penyambutan atau selamat datang kepada pejabat baru seperti Kapolres, mengandung makna bagaimana perwira-wira lainnya akan senantiasa setia untuk memayungi dan mengawal pimpinan barunya selama pelaksanaan tugas.

Demikian juga tradisi pedang pora pada pelepasan pimpinan lama dengan membentuk lingkaran pedang pora, bermakna tugas memayungi dan mengawal pimpinan lama telah berakhir.

Usai memasuki gerbang pedang pora, Kapolres Jepara disambut, para Kepala Bagian (Kabag), Para Kepala Satuan Fungsi (Kasat Fung) dan para Kapolsek jajaran beserta bhayangkarinya dan seluruh personil Polres Jepara.

Pimpinan baru ini juga disambut dengan rebana Polwan Polres Jepara hingga memasuki ruang kerja Kapolres.

“Mohon kerjasama semua pihak. Saya siap melanjutkan apa yang sudah dikerjakan Kapolres Jepara yang lama,” kata AKBP Nugroho Tri Nuryanto.

Sumber jurnalpantura.id

https://jurnalpantura.id/polisi-cilik-dan-tradisi-pedang-pora-sambut-kapolres-jepara-baru/

Baca Juga:  Tiba di Mapolres Pati, Kapolres Baru Disambut Upacara Pedang Pora

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *