Plt. Bupati Ajak Sisihkan Uang Saku Untuk Bersedekah

oleh -7 views

JEPARA – Pelaksan Tugas (Plt.) Bupati Jepara Dian Kristiandi menggugah para pelajar untuk memiliki kepekaan sosial. Caranya dengan menyisihkan sedikit uang saku mereka untuk membantu sesama. Hal ini disampaikan Andi, saat pencanangan Pekan Peduli Sosial (PPS) tingkat Kabupaten Jepara, pada Senin (9/12/2019), di SMK Negeri 1 Bangsri.

Hadir dalam kesempatan itu Asisten II Sekda Jepara Mulyaji, Camat Bangsri Thorik Alamsyah, dan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Jepara Masun Duri.

Sepekan ini, seluruh pelajar mulai dari tingkat PAUD/TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK, dan MA serta mahasiswa di perguruan tinggi, berpartisipasi dengan menyisihkan sedikit uang sakunya untuk kegiatan sosial.

“Marilah kita menyisihkan sedikit uang saku selama sepekan ini, untuk membantu teman-teman kita yang membutuhkan,” kata Andi.

PPS tahun 2019 ini, dimulai Senin, 9 hingga 14 Desember 2019. Masing-masing sekolah diminta untuk mengakomodir sumbangan dari para siswa.

Dikatakan Andi, sebagai makhluk sosial, manusia mengembang amanat untuk bekerjasama dan membantu dalam kebaikan.

“Untuk meraih kehidupan yang penuh ridho. Maka nilai kepekaan sosial, tolong menolong dan gotong royong harus dibangun sejak dini. Hal tersebut harus dibiasakaan untuk mengikis pelaku individualitis,” kata dia.

PPS ini merupakan media tepat untuk mengajarkan nilai-nilai luhur kepada peserta didik. Mereka diajak belajar iklas membantu mengumpulkan dana sosial.

“Saya mengimbau kepala sekolah agar dapat menghimpun dana secara maksimal. Begitu juga orang tua juga terlibat dengan cara menambah uang saku bagi anak anaknya,” kata dia.

Kepala Sekolah SMK N 1 Bangsri Zainudin Azis menyambut baik pelaksanaan PPS tahun ini. Pihaknya mengaku siap untuk menghimpun dana sosial dari para siswa di sekolah. “Ada 1.521 siswa kami, yang sudah siap dalam PPS tahun ini,” kata dia.

Baca Juga:  Seleksi PPK-PPS, KPU Surabaya Terapkan Sistem Gugur

Ketua Baznas Kabupaten Jepara Masun Duri mengatakan pihaknya menargetnya 1 miliar untuk pelaksanaan PPS tahun ini. Dana yang berhasil dihimpun melalui sekolah, sebagian akan dikembalikan lagi ke sekolah untuk anak didik miskin. Sedangkan separohnya untuk membantu masyaakat miskin melalui kegiatan ekonomi produktif, seperti bantuan grobak bakso, dan mie ayam hingga bantuan kepada anak di panti asuhan. “Mudah-mudahan tahun ini, target satu miliar dapat tercapai,” kata dia.

Sumber jepara.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *