Desa Ngabul Rayakan Peringatan Hari Santri Nasional 2021, Warga Antusias!

oleh -7 views
peringatan Hari Santri Nasional

beritaplatk JEPARA – Setiap 22 Oktober seluruh santri di Indonesia akan memperingati Hari Santri Nasional. Sejak Presiden Joko Widodo mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015, Hari Santri Nasional selalu dirayakan setiap tahunnya. Pada tahun ini, peringatan Hari Santri Nasional kembali dirayakan.

Tema Nasional yang diusung dalam Hari Santri 2021 ini adalah Santri Siaga Jiwa dan Raga. Hal ini sejalan dengan pesan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dikutip dari laman resmi Kemenag.

Ini sebagai bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia. Siaga Jiwa Raga juga merupakan komitmen seumur hidup santri untuk membela tanah air yang lahir dari sifat santun, rendah hati, pengalaman, dan tempaan santri selama di pesantren.

peringatan Hari Santri Nasional

Desa Ngabul Rayakan Peringatan Hari Santri Nasional 2021

Jumat, 22 Oktober 2021, Pukul 07.00 WIB di Desa Ngabul yang di pimpin oleh Petinggi atau Kepala Desa (Kades) nya Sholehan S.E., menggelar upacara peringatan hari santri di halaman balai desa. Upacara diikuti oleh perangkat desa, Babinkabtinmas, Babinsa dan personil Banser dan GP Ansor.

Dengan semangat tinggi, peserta upacara mengikuti jalannya upacara mulai dari pengibaran bendera merah putih, mengheningkan cipta dan doa buat syuhada, pejuang dan pahlawan kemerdekaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, menyanyikan Mars Subbanul Wathan, pembacaan teks Pancasila, dan teks UUD 45. Semua rangkaian kegiatan sebagai perwujudan cinta tanah air di Hari Santri Nasional.

peringatan Hari Santri Nasional

Dalam sambutannya Kepala Desa (Kades) Ngabul Sholehan S mengatakan bahwa, “Semangat juang seperti inilah yang harus terus kita tumbuh kembangkan dan dengan slogan Bertumbuh, Berdaya, dan Berkarya,” katanya.

Baca Juga:  Gerilya Kuliner Malam Hari Di SCJ (Shopping Centre Jepara), Dijamin Nikmat!

Pesan saya, Jangan sampai menjadi slogan belaka. Hal ini bukan hanya sebagai kiasan, mari kita sama-sama jadi bagian dari santri yang menyantri atau secara sederhana, adalah santri yang nyantri artinya santri yang mampu menyelaraskan dan menyesuaikan perkataan dan perbuatannya.

“Ini sebagai bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia. Siaga Jiwa Raga juga merupakan komitmen seumur hidup santri untuk membela tanah air yang lahir dari sifat santun, rendah hati, pengalaman, dan tempaan santri selama di pesantren.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *