Penanganan Limbah B3 di Wirosari Grobogan Diserahkan ke Kementerian LHK

oleh -0 views

Grobogan – Penanganan kasus pembuangan limbah yang ada di Desa Tambakselo dan Kalirejo, Kecamatan Wirosari, Grobogan, akan diserahkan pada pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Grobogan Nugroho Agus Prastowo pada wartawan, Jumat (28/2/2020).

Menurut Agus, limbah yang dibuang di lahan kosong pinggir jalan itu masuk kategori limbah bahan berbahaya dan beracun (B3). Sementara kewenangan perizinan terkait pengelolaan limbah B3 ada di Kementerian LHK.

“Persoalan ini sudah kami laporkan ke kementerian karena kewenangan pemberian sanksi ada di sana. Dalam hal ini, Kabupaten Grobogan menjadi korban karena jadi tempat pembuangan limbahnya,” jelasnya.

Dari Kementerian LHK sendiri sudah melakukan pemeriksaan limbah di lokasi. Meski demikian, hingga saat ini, pihaknya masih belum mendapatkan informasi terkait hasil uji laboratorium yang dilakukan.

Seperti diberitakan, beberapa pekan lalu, DLH Grobogan sudah menerjunkan tim untuk memeriksa keberadaan lokasi pembuangan limbah itu. Tindakan itu dilakukan menyusul adanya laporan warga yang merasa resah dengan keberadaan limbah tersebut.

Dari pemeriksaan di lokasi, ada sejumlah pohon yang mati di sekitar lokasi pembuangan limbah tersebut. Kemudian, limbah yang tertimpa air hujan dan sebagian masuk ke sungai juga berpotensi membuat kerusakan lingkungan.

Limbah itu dikhawatirkan bisa mengakibatkan warga terkena gangguan pernafasan ketika terbawa angin.

Dari pemeriksaan sementara, limbah tersebut diduga merupakan limbah batu bara atau Fly Ash Bottom Ash (FABA). Diperkirakan, limbah yang dibuang orang tak dikenal tersebut berasal dari daerah lain. Sebab, sejauh ini, tidak ada industri yang menggunakan energi batu bara di wilayah Grobogan.

Sumber murianews.com https://www.murianews.com/2020/02/28/183468/penanganan-limbah-b3-di-wirosari-grobogan-diserahkan-ke-kementerian-lhk.html

Baca Juga:  Tiru Kesederhanaan Warga Sedulur Sikep, 13 Pejabat Dilantik di Kampung Samin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *