Pemkab Jepara Siapkan Diri Terapkan New Normal

oleh -0 views

Jepara – Pemerintah Kabupaten Jepara menyatakan terus berusaha untuk menyiapkan kemungkinan akan diterapkannya New Normal. Seluruh fasilitas publik di Kota Ukir disiapkan untuk memasuki tatanan New Normal ini.

Berbagai pedoman pada situasi ini tengah disiapkan oleh Pemkab Jepara. Sehingga jika kondisi yang dipersyaratkan terpenuhi, fase transisi segera dapat diimplementasikan.

Bupati Jepara Dian Kristiandi menyatakan, sampai saat ini pihaknya belum bisa memastikan apakah New Normal akan segera diterapkan di wilayah Jepara.

Namun ada beberapa bidang yang sudah dipersiapkan secara serius untuk New Normal. Di antaranya adalah bidang perekonomian dan pendidikan.

“Bagaimana perekonomian tetap bisa berjalan di tengah situasi yang terjadi dan bagaimana pendidikan bisa dilaksanakan dengan situasi yang ada, saat ini tengah menjadi pembahasan utama kami. Namun semuanya masih belum bisa dipastikan. Kami siapkan sambil menunggu perkembangan,” ujar Dian Kristiandi, Senin (15/6/2020).

Sementara itu, Sekretaris Daerah Jepara, Edy Sujatmiko menyatakan, selain fasilitas pendidikan dan perekonomian, saat ini juga sedang disiapkan penerapan New Normal untuk bidang ibadah keagamaan. Untuk tempat ibadah, pihaknya sudah menerima surat dari kementerian agama.

Secara garis besar isinya adalah protokol kesehatan di rumah ibadah saat New Normal diberlakukan. Adapun syarat di dalamnya antara lain revitalisasi sarana peribadatan, terkendalinya jumlah kasus Covid-19, hingga mengantongi izin ibadah berjemaah dari gugus tugas setempat.

“Ini segera kita lakukan tindak lanjut untuk tingkat implementasi dan perizinannya. Soal ini masih kami bahas dan kami persiapkan. Sehingga jika nanti New Normal diterapkan, kita sudah siap dalam implementasinya. Tapi kapan, kami belum jelas. Saat ini saja kasus positif di Jepara masih meningkat,” ujar Sekda Jepara, yang sekaligus Sekretaris I Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Jepara ini.

Baca Juga:  Jejak Andika Perkasa, Calon Panglima TNI Pilihan Jokowi

Sedangkan untuk skema awal proses belajar mengajar di sekolah saat Newa Normal, saat ini sudah ada. Untuk praktiknya menunggu dikeluarkannya kebijakan Bupati Jepara. Jika dimungkinkan, kegiatan pembelajaran sistem tatap muka akan dimulai pada tahun ajaran baru, pertengahan Juli mendatang.

Dalam kajian disebutkan aktivitas sekolah dilakukan dengan menerapkan jaga jarak yang aman, satu sampai dua meter. Dengan demikian maka akan diberlakukan sistem sif belajar murid. Selain itu tersedianya sarana cuci tangan dengan jumlah ideal, pemeriksaan suhu tubuh, dan wajib menggunakan masker.

“Dengan protokol kesehatan ketat, New Normal yang telah diterapkan Pemkab Jepara saat ini ada di bidang pelayanan Birokrasi. Semua ASN saat ini sudah masuk kerja seperti biasa di masing-masing OPD yang ada,” tegas Edy Sujatmiko.

sumber murianews.com https://www.murianews.com/2020/06/15/190071/pemkab-jepara-siapkan-diri-terapkan-new-normal.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *