Pasar Winong Sari Joyo, Destinasi Wisata Baru Kudus

oleh -1 views
Ketua TP PKK Kudus Mawar Hartopo meresmikan pasar budaya Winong Sari Joyo Desa Margorejo. (foto:suarabaru)

Beritaplatk, Kudus– Kabupaten Kudus dengan kearifan lokalnya, menyimpan banyak potensi wisata yang belum terekspos. Demi mengangkat potensi tersebut, Pemdes Margorejo, Kecamatan Dawe, menggelar Pasar Winong Sari Joyo yang tepatnya berada di Sendang Winong, Dukuh Buyutan, Minggu (21/11).

Ketua TP PKK Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo, didampingi camat, PKK Kecamatan dan perwakilan Disbudpar Kudus hadir menengok potensi desa yang merupakan rintisan desa wisata.

Mawar Hartopo kagum akan banyaknya potensi wisata di Kudus, yang kental dengan nilai budaya. Dengan adanya pasar ‘dadakan’ ini, bisa menjadi peluang menggerakkan roda perekonomian masyarakat sekaligus pelestarian kearifan lokal.

Bukan tidak mungkin jika kegiatan itu berjalan dengan baik dan rutin, maka dapat menarik wisatawan serta perhatian lebih dari pemerintah.

“Salah satu upaya mengingkatkan ekonomi masyarakat, maka harus ada komitmen dari kepala desa, kalau sudah berjalan baik maka bisa ada perhatian lebih. Ternyata masih banyak potensi desa yang berpotensi menarik wisatawan. Tadi keliling stand-stand kuliner enak semua,” kata Mawar Hartopo yang hadir ditemani putrinya.

Tak lupa, karena masih situasi pandemi, Mawar Hartopo berpesan supaya protokol kesehatan diterapkan secara disiplin.

Selain itu mengingat curah hujan yang semakin meningkat, ia meminta kebersihan lingkungan harus dijaga terutama pada kesempatan tersebut pengunjung dan penjual harus membuang sampah di tempat yang telah disediakan.

“Prokesnya alhamdulillah tetap dijaga, kita harus terbiasa hidup berdampingan dengan virus. Mengingat ini musim penghujan juga tetap menjaga kebersihan lingkungan, di acara ini harap membuang sampah di tempat sampah bahkan kalau bisa dipilah berdasarkan jenis sampahnya,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Desa Margorejo, Sumirkan, menyampaikan sambutan hangat kepada Ketua TP PKK Kabupaten yang berkenan hadir secara langsung.

Dia mengungkapkan bahwa Desa Margorejo adalah rintisan desa wisata yang telah mendapat SK dari Bupati.

Baca Juga:  Sukseskan Percepatan Vaksinasi, Lima Babinsa Dikado Penghargaan Dandim 0719 Jepara

Pihaknya sangat berharap potensi wisata di Desa Margorejo dapat lebih di kenal oleh masyarakat Kudus sendiri bahkan sampai ke luar daerah.

“Desa Margorejo sudah mendapatkan SK rintisan Desa Wisata oleh bupati. Dengan harapan lewat kegiatan ini potensi wisata dan UMKM di Desa Margorejo bisa lebih dikenal oleh masyarakat seluruh Kudus dan yang dari luar Kudus,” pungkasnya.(**)

 

-suarabaru-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.