Pasang 35 Kamera Khusus, PMPH Pastikan Banyak Macan Tutul Jawa Hidup di Pegunungan Muria

oleh -0 views

Jepara – Hutan di pengunungan Muria, sampai saat ini kondisinya masih cukup baik. Pegunungan yang masuk ke wilayah Jepara, Kudus dan sebagian Pati, bahkan masih terdapat hewan-hewan yang dilindungi oleh Undang-Undang. Salah satunya adalah Macan Tutul Jawa.

Paguyuban Masyarakat Pelindung Hutan (PMPH) salah satu kelompok pemerhati lingkungan di Pegunungan Muria memastikan hal ini. Melalui observasi yang dilakukan di beberapa kawasan hutan pegunungan Muria, mereka mendapatkan sejumlah bukti. Terutama mengenai keberadaan satwa Macan Tutul Jawa.

Ketua PMPH Shokib mengatakan, dalam setahun terakhir kelompoknya bahkan secara khusus telah  melakukan pengamatan Macan Tutul Jawa di kawasan muria. Sebanyak kamera khusus telah dipasang di 35 titik  di hutan pegunungan Muria. Hasilnya, dari kamera-kamera yang dipasang, pihaknya menemukan bukti-bukti masih adanya Macan Tutul Jawa.

“Kita semua harus percaya, pada kenyataannya Macan Tutul Jawa masih ada di kawasan ini. Kamera yang kami pasang berhasil merekam sampai sekitar 60 ribu gambar Macan Tutul Jawa. Jadi jumlahnya cukup banyak. Luar biasa,” ujar Shokib, Jumat (28/2/2020).

Hutan di kawasan pegunungan Muria yang meliputi di Kabupaten Jepara, Kudus dan sebagian Kabupaten Pati merupakan salah satu kawasan (habitat) perkembangan hewan yang dilindungi ini. Tidak hanya macan tutul, di kawasan ini juga menjadi habitat satwa unggas termasuk aneka burung asli Jawa.

Dengan adanya bukti keberadaan Macan Tutul Jawa di kawasan ini, sudah seharusnya ekosistem di kawasan ini bisa terus dijaga dan dilestarikan. Karena itu pihaknya berharap, masyarakat di sekitar dan Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Pusat bisa memberikan perhatian terhadap masalah ini.

“Kami kira hal ini harus menjadi sebuah perhatian besar bagi semua pihak. Sudah saatnya ada upaya-upaya yang nyata yang bisa dilakukan untuk menjaga dan melindungi kawasan ini. Baik melalui kebijakan ataupun aksi nyata. Macan Tutul Jawa adalah satwa langka, yang harus dijaga agar tidak punah,” tegas Shokib.

Baca Juga:  Diguyur Hujan Deras, Dapur Warga Batealit Jepara Roboh

Sumber murinews.com https://www.murianews.com/2020/02/28/183450/pasang-35-kamera-khusus-pmph-pastikan-banyak-macan-tutul-jawa-hidup-di-pegunungan-muria.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *