ODP Meningkat, Enam Rumah Sakit di Jepara Disiagakan

oleh -1 views

Jepara– Jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) di Kabupaten Jepara membengkak menjadi 130 orang. Jumlah ini besar kemungkinan berasal dari desa-desa yang baru mendata warga mereka yang baru saja mudik dari luar kota dan masuk zona merah corona.

Sejak masing-masing desa ‘digerakan’ untuk melakukan upaya screening terhadap warga yang mudik dari wilayah zona merah corona, masing-masing desa melakukan pendataan. Dari masing-masing RT melaporkan ke pihak Desa terkait jika ada warga yang mudik dari wilayah-wilayah yang terjangkit corona.

Sementara itu di wilayah Kabupaten Jepara, sampai saat ini masih belum ada ditemukan kasus positif convid 19. Sedangkan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) juga masih belum beranjak dari angka 18. Dari jumlah itupun disebutkan sebanyak 13 orang diantaranya sudah dirawat di rumah.

Kemudian tiga orang yang sempat masuk dalam status PDP sudah dinyatakan sembuh dan negative Convid 19. Hanya satu PDP yang hingga saat ini masih dirawat di ruang Isolasi RSUD Kartini Jepara dan satu orang lainnya dirujuk ke RS di luar daerah.

Ketua Umum Satgas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Jepara, Edy Sujatmiko, menyatakan pihaknya tetap berada dalam kewaspadaan tinggi. Menyusul kasus positif corona di Pati, pihaknya semakin meningkatkan kewaspadaan.

Saat ini sebanyak enam faslitas kesehatan di Jepara sudah dipersiapkan untuk menangani kasus covid-19, jika terjadi. Rumah sakit tersebut adalah RSUD RA Kartini Jepara, RS Rehatta Kelet, RSI Sultan Hadlirin Jepara, RS PKU Muhamadiyah Mayong, RS Graha Jepara, dan RS PKU Aisyah Jepara.

Sebanyak empat ruangan berkapasitas 25 tempat tidur disiapkan untuk merawat ODP jika memang diperlukan perawatan. Ruangan ini ada di RS Rehatta (dua ruangan dengan kapasitas 20 tempat tidur), RS PKU Muhamadiyah Mayong (satu ruangan dengan tiga tempat tidur) dan RS Graha (satu ruangan dengan dua tempat tidur).

Baca Juga:  Pemkab Grobogan Siapkan Sejumlah Gedung untuk Tempat Karantina

“Untuk ruang isolasi PDP, jika diperlukan sudah disiapkan di RSUD RA Kartini sebanyak delapan ruangan, RS Rehatta delapan ruangan, RS Sultan Hadlirin tiga ruangan, dan RS PKU Muhamadiyah Mayong  satu  ruangan,” ujar Edy Sujatmiko, Selasa (31/3/2020).

Tim Satgas Covid 19 Jepara saat ini juga sudah menerima 300  kotak masker, 75 Gun Tehrmo, 50 pakaian APD dan 80 liter sanitezer. Barang-barang tersebut sebelumnya dipesan Pemkab Jepara dan sudah diterima  untuk segera digunakan.

sumber murianews.com https://www.murianews.com/2020/03/31/185585/odp-meningkat-enam-rumah-sakit-di-jepara-disiagakan.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *