Mahasiswa UIN Walisongo Diajari Pak RT Bertani

oleh -2 views
beritaplatk SEMARANG – Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa UIN Walisongo Semarang RDR 77 tahun 2021, kali ini menyasar di Desa Kemawi, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang.
Dalam KKN kali ini, para mahasiswa ini diajari cara pengolahan, pembuatan pupuk kompos oleh salah satu ketua RT di desa setempat, yakni Tri Rusmanto. Selain itu, mahasiswa juga belajar bagaimana proses penanaman sayur dan pengolahan pupuk alami yang digunakan.

Rusmanto mengatakan, pupuk kompos berbahan dasar kotoran ayam. Kotoran ayam memiliki kandungan hara yang lebih tinggi dibandingkan kotoran hewan lain, sehingga mampu meningkatkan kesuburan tanah dan tanaman.

“Pupuk kompos dari kotoran ayam lebih cocok digunakan untuk jenis tanaman sayur-sayuran yang umurnya pendek,” kata Pak Manto kepada mahasiswa KKN, Minggu (24/10/2021).

Pembuatan pupuk kompos dari kotoran ayam, hanya membutuhkan alat dan bahan yang sangat sederhana. Cukup mencampurkan kotoran ayam, sekam padi yang sudah digiling, dan dedak.

Sementara itu, Miftah, salah satu mahasiswa peserta KKN mengaku kegiatan membantu warga di kebun merupakan momen langka bagi mereka, karena mayoritas mereka berasal dari daerah pesisir pantai. “Kami sangat senang bisa membantu salah satu warga petani sini,” kata Miftah

Baca Juga:  Kelurahan Jobokuto Laksanakan Peringatan Hari CTPS, Kepoin Acaranya Disini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *