Kursi Tamu Jepara Jadi Favorit Kolektor? Berikut Alasannya

oleh -6 views

JEPARA- Salah satu furniture Jepara yang menjadi favorit banyak kolektor adalah kursi tamu yang dibuat dari bahan kayu jati.

Selain akan menambah nilai estetika ruang tamu, kursi tamu khas jepara yang dibuat dari pohon dengan nama ilmiah Tectona grandis L.f. ini juga memiliki berbagai jenis kelebihan.

Berikut kelebihan kayu jati :

  1. Keras namun mudah dibentuk

Kayu yang sering dianggap sebagai kayu kelas satu ini memiliki sifat yang sangat fleksibel.

Meskipun kita tahu bahwa kayu ini memiliki karakteristik yang kuat dan keras, namun siapa sangka bahwa kayu jati relatif mudah dipotong, dibentuk, dan diukir.

Selain mudah diolah, kayu ini juga bisa berubah menjadi mengkilap indah seperti berminyak, setelah permukaannya diamplas.

Karena sifatnya yang fleksibel ini lah, tak heran Anda dapat menemukan berbagai jenis furniture dari kayu jati, termasuk kursi tamu.

  1. Tahan serangan rayap, cuaca, dan asam

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kayu jati adalah jenis kayu yang keras, kuat dan tahan banting.

Hal ini dibuktikan dari ketahanannya terhadap gempuran cuaca panas ataupun lembap yang sudah menjadi ciri khas cuaca di Indonesia.

Tak hanya itu, pori-pori kecil, kandungan minyak alami, dan kerapatan serat kayu jati membuatnya juga tahan terhadap pembusukan, serangan rayap, serta paparan asam yang mampu membuat furniture menjadi rapuh dan mudah rusak.

  1. Warna alami yang menambah nilai estetika ruangan

Kelebihan lain dari kursi tamu dari bahan jati adalah warna alami yang biasanya akan terlihat setelah kayu ini dipotong.

Kecantikan dari warna alami ini membuat kursi kayu atau jenis furniture kayu jati lainnya tak membutuhkan finishing yang rumit.

Hanya dengan amplas dan semprotan varnish glossy saja sudah mampu menonjolkan keindahannya pada level yang lebih tinggi.

  1. Perawatan yang tidak rumit
Baca Juga:  Ambisi Bintang Muda Arema FC, Putus Rekor Buruk

Tak hanya indah, kursi tamu dari bahan jati juga cenderung mudah dirawat, sekalipun ruang tamu Anda adalah jenis ruang tamu outdoor atau di luar ruangan. Hal ini karena sifat alami kayu jati yang sangat tahan terhadap berbagai jenis cuaca dan kelembapan.

Tak hanya itu, kayu jati juga cenderung menjadi semakin indah dengan perubahan warna yang menjadi abu-abu perak, seiring dengan bertambahnya usia kayu tersebut. Untuk merawatnya, Anda hanya perlu menyikat atau mengelapnya secara rutin.

Berdasarkan pemaparan di atas, kita dapat mengetahui bahwa kursi tamu dari kayu jati memiliki kualitas di atas rata-rata. Hal ini karena bahan baku kayu jati yang tahan banting dan mudah diolah, dengan perawatan yang mudah.

Karena hal ini, furnitur kayu jati dipasarkan dengan harga yang relatif mahal. Permintaan dari konsumen pun tak pernah berhenti, bahkan dari pasar internasional sekalipun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *