Terima Kunjungan Menlu Malaysia, Jokowi: Kerjasama Harus Dipererat

oleh -28 views
Kunjungan Menlu Malaysia

Beritaplatk – Senin (18/10) Presiden Jokowi menerima kunjungan Menlu Malaysia Dato’ Saifuddin Abdullah di istana Merdeka. Pada pertemuan ini, Jokowi mengungkapkan bahwa Malaysia adalah tetangga dekat sehingga hubungan kedua negara harus semakin erat.

“Indonesia dan Malaysia bisa terus meningkatkan kerjasama. Tak hanya pada kepentingan bilateral saja melainkan juga tentang perdamaian dan kesejahteraan kawasan. ” Ungkap Presiden Jokowi.

Kunjungan Menlu Malaysia

Kunjungan Menlu Malaysia

Menurut Retno Marsudi yang sedari awal mendampingi Jokowi dalam pertemuan dengan Menlu Malaysia mengatakan pada media bahwa Dato’ Sri Ismail Sabri Yakoob yang merupakan PM Malaysia berencana berkunjung ke Indonesia pada bulan November.

Mengenai hal itu, tentunya Presiden menyambut baik rencana kunjungan PM Sabri kata Retno. Beliau mengungkap bahwa kunjungan ini memperlihatkan betapa kuatnya hubungan kedua negara. Pembahasan dalam pertemuan ini pun nantinya tidak hanya tentang hubungan bilateral tapi juga isu-isu kawasan dan global.

Jokowi juga menyampaikan kedua negara harus sudah mempersiapkan perjalanan aman dan nyaman bagi para pelaku bisnis dan pastinya tetap menggunakan protocol kesehatan covid. Oleh karena itu, Jokowi berharap kedatangan PM Malaysia ini menyepakati pengaturan koridor perjalanan travel corridor arrangement.

Selain itu, juga harus saling mengakui sertifikasi vaksin yang dikeluarkan oleh masing-masing negara dan mengenali system yang diterapkan di kedua negara. Dalam hal ini di Indonesia adalah aplikasi Pedulilindungi.

Lebih lanjut dalam pertemuan ini, Presiden tak lupa membahas tentang perlindungan WNI di Malaysia dan akan selalu memperhatikan isu-isu yang terjadi tentang itu.

“Ini selalu diperhatikan oleh Presiden setiap kali bertemu dengan PM Malaysia. Sebab, jumlah WNI yag ada di Malaysia banyak dan perlindungannya merupakan prioritas utama bagi Presiden. Jokowi berharap kerjasama mengenai perlindungan ini harus dipererat.” Ujar Retno. Kunjungan Menlu Malaysia

ref : merdeka.com

Baca Juga:  Puan Maharani: Upah Minimum Rakyat Harus Naik Tahun 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.