Kontingen Kabupaten Jepara Berjaya, Bawa Pulang Empat Piala FTBI Tingkat Jateng

oleh -4 views
Tim pelajar asal Kabupaten Jepara berhasil membawa pulang empat piala, dalam Festival Tunas Bahasa Ibu 2021 tingkat Provinsi Jawa Tengah. (FOTO;IST)

Beritaplatk, Surakarta– Tim pelajar asal Kabupaten Jepara berhasil membawa pulang empat piala, dalam Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) 2021 tingkat Provinsi Jawa Tengah. Prestasi itu menunjukkan bahwa Kabupaten Jepara, masih peduli dengan pelestarian bahasa Jawa yang merupakan bahasa ibu.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Jepara melalui Kepala Seksi Pengendalian Mutu SD, Nurul Afifah, mengaku bersyukur atas raihan prestasi itu.

Alasannya, karena Jepara yang notabene berada di wilayah pesisir utara dan jauh dari pusat budaya Jawa di Solo dan Yogyakarta, bisa berbicara banyak dalam kegiatan tersebut.

“Ini menunjukkan bahwa satuan pendidikan di Jepara masih peduli dengan pelestarian bahasa Jawa yang merupakan bahasa ibu,” kata Nurul saat mendampingi kontingen Jepara pada FTBI 2021 tingkat Provinsi Jawa Tengah, di Hotel Lorin Surakarta, Senin (22/11/2021).

Dalam festival tersebut, Pemkab Jepara mengirim para juara I dari lomba yang sebelumnya diadakan di Jepara, baik kategori putra maupun putri. Di jenjang SD, cabang lomba yang diikuti adalah membaca gurit, menulis gurit, dan mendongeng.

“Dengan demikian, dari jenjang SD ada enam (orang) wakil, dan tiga (orang) di antaranya membawa pulang piala untuk Jepara, karena menjadi juara di tingkat Jawa Tengah,” bebernya.

Mereka adalah Maulana Rifqi asal SDIT Sultan Agung 5 Kalinyamatan yang menjadi Juara I cabang lomba mendongeng putra, Najwa A’immatul Husna dari SDN 2 Jambu, Mlonggo yang meraih Juara II mendongeng putri, dan Hartanti Purnama Hasti dari SDN 1 Panggang, Jepara, yang mendapat Juara II menulis gurit putri.

Sedangkan Kepala Seksi Pengendalian Mutu SMP Wuriyanto menambahkan, jenjang SMP menyumbang tambahan satu piala, yakni M Rio Ferdinand asal SMP 2 Batelit, yang meraih Juara III putra cabang lomba sesorah.(**)

Baca Juga:  Diskominfo Pati Masif Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal, Peredaran Rokok Bodong di 21 Kecamatan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *