Kerjanya Teror Orang, Penagih Pinjol Ngaku Gajinya Fantastis

oleh -71 views
penagih pinjol

beritaplatk – Beberapa waktu lalu polisi melakukan penangkapan di ratusan penagih pinjol (pinjaman online) karena meresahkan masyarakat. Dari penangkapan ini bisa diketahui bagaimana system kerjanya hingga penghasilan perbulan.

Beberapa penagih pinjol yang menjelaskan bagaimana asal mula dirinya mau menggeluti profesi tersebut sampai melakukan teror sms.

penagih pinjol

Pelaku yang berinisial HH (35) mengaku bahwa sebelum menjadi debt collector dirinya adalah wirausaha. Lalu, ada yang menawarkan pekerjaan digaji untuk mengirim sms ke berbagai nomor telepon.

“Awalnya direkrut dengan bilang untuk mengirim SMS,” Ungkap HH di Markas Bekas Polri, Jaksel, Kamis (21/10) malam.

Karena merasa tertarik, akhirnya HH mau menerima tawaran tersebut. Dia mengaku tidak bisa mengetahui isi pesan yang dikirimkan ke nomor tujuan.

“Seiring berjalannya waktu kami tahu bahwa itu adalah pinjol. Awalnya belum tahu, tahunya dari narasi isi pesan yang kami terima,” tambah HH.

Para Penagih Pinjol Tetap Melanjutkan Pekerjaannya Karena Kebutuhan

Walaupun sudah tahu, HH tetap melanjutkan profesinya hingga ditangkap oleh Polisi karena gaji yang dia terima bisa mencapai Rp 15 juta.

HH juga masih menganggap bahwa dirinya tidak meneror melainkan hanya meneruskan isi pesan SMS saja.

AY juga mengalami nasib yang sama dengan HH dan membenarkan pernyataan HH. Mereka berdua mengaku melanjutkan pekerjaan ini sampai pada akhirnya ditangkap lantaran membutuhkan uang.

“Sudah sadar sebelum ditangkap. Cuman kan namanya butuh duit. Gaji Rp 5 juta/bulan,” Kata AY.

Untuk melakukan aksinya, pelaku menyiapkan laptop, WIFI dan alat modem untuk sim card. Sim card dicolokkan ke alat yang berisi paket SMS dan dikoneksikan denagn software computer.

Selanjutnya, SMS secara otomatis terkirim kepada ratusan ribu nomor orang yang ditagih sekitar 100ribu – 150 ribu nomor. SMS ini tidak hanya penagihan saja tapi juga promosi tentang pengajuan pinjaman online.

Baca Juga:  Waketum Bicara Tantangan PAN Lepas dari Ketergantungan pada Satu Tokoh

“Seratus ribu sampai seratus lima puluh ribu nomor, Isi SMS Campur antara promosi sama penagihan,” Penjelasan AY.

AY ditangkap di Apartemen Laguna Pluit, Jakarta Utara sementara HH di rumahnya, daerah Cengkareng, Jakarta Barat.

Bagaimana komentar Anda tentang penagih pinjol ini?

 

Ref: merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *