Kata Menteri Pertanian Saat Berkunjung di Pati : Pertanian Meningkat di Tengah Pandemi

oleh -1 views
Mentan Syahrul Yasin Limpo, saat mengunjungi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan) di Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, baru-baru ini.

Beritaplatk- Pati- Sektor pertanian saat ini sangat penting untuk dikembangkan. Sebab di tengah situasi pandemi, hanya pertanianlah yang mampu mengalami peningkatan sebesar 16,4 persen.

Hal itu dikatakan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, saat mengunjungi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan) di Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, baru-baru ini.

Menteri Syarul Yasin Limpo juga mengaku terus mencari teknologi pertanian terbarukan, sehingga dapat memudahkan kerja petani. Sebab sektor pertanian saat ini sangat penting utuk dikembangkan.

“Sektor lainnya lumpuh total, namun pertanian masih terus bergerak, bahkan mengalami peningkatan. Karena itu, petani harus kita kasih teknologi pertanian terbarukan, agar mereka bisa mendapatkan keuntungan setiap harinya,” ujarnya.

Ia mengaku bahwa pertanian jagung saat ini mendapatkan posisi tertinggi. Bahkan dilihat dari harganya, petani bisa mendapatkan untung lebih banyak.

“Kalau pertanian jagung ini kita genjot, pasti petani dapat untung banyak. Apalagi orang Jawa itu jago dalam hal pertanian. Kalau satu hektare di Kalimantan mendapatkan 6 ton, di Jawa bisa panen 7-8 ton,” terangnya.

Syahrul juga meminta kepada Bupati Pati,Haryanto, agar memperkuat sektor pertanian. Jika Pemkab Pati menyediakan lahan baru, maka Syahrul juga bersedia untuk memberikan bantuan agar lahan itu dikelola oleh masyarakat.

“Lahan yang sudah ada, itu sudah terdata di kantong saya. Yang saya minta, lahan baru. Saya siap nanti membantu,” imbunya.

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto mengaku siap melakukan penambahan luas lahan tanam komoditas jagung di luar lahan yang sudah ada. Hal ini dapat terintegrasi dengan lahan perkebunan dan pemanfaatan lahan Perhutani, sehingga menjadi area yang produktif.(**)

Baca Juga:  Dianggap Tak Higienis, Perdagangan Minyak Goreng Curah Dilarang Per 1 Januari 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *