Karang Taruna Dilibatkan Percepatan Vaksinasi di Kabupaten Pati

oleh -2 views
Kegiatan penguatan jejaring dan jaringan yang bekerjasama dengan Karang Taruna Kabupaten Pati dalam upaya percepatan vaksinasi.

Beritaplatk, Pati-  Dinas Kesehatan Kabupaten Pati menggandeng Karang Taruna untuk memperkuat jejaring dan jaringan dalam percepatan vaksinasi. Upaya ini dilakukan, sebab capaian vaksinasi di Kabupaten Pati masih di bawah 50 persen.

Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan Kesehatan Dinkes Pati, Heni Rahmawati SKM mengatakan, kegiatan penguatan jejaring dan jaringan yang bekerjasama dengan Karang Taruna Kabupaten Pati, diharapkan bisa berpartisipasi membantu Dinkes Pati mengatasi berbagai permasalahan kesehatan di Kabupaten Pati.

“Khususnya saat ini bisa membantu percepatan vaksinasi yang masih di bawah 50 persen,”  ujar Heni dihadapan para puluhan anggota Karang Taruna se Pati, di aula pertemuan RM. Mutiara obyek wisata Gunung Rowo, Sabtu, (6/11/2021).

 

Kegiatan tersebut, merupakan kegiatan kedua lanjutan dari kegiatan pertama yang diselenggarakan di aula Kantor Dinkes setempat pada Senin 1/11 lalu.

“Ini adalah upaya diskusi sehingga nanti kolaborasi antara Dinkes dan Karang Taruna Kabupaten Pati bisa berjalan baik, bisa menelurkan bentuk kegiatan yang sederhana dan efektif,” kata Heni.

Tidak hanya masalah Covid-19, lanjut Heni, tetapi juga permasalahan kesehatan lainnya. Sehingga upaya upaya itu tidak jauh dari Germas (Gerakan Masyarakat Sehat), PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan SEHAT) dan lain-lainnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dias Ardian Pramono, SH, selaku Sekretaris Karang Taruna Kabupaten Pati, menyampaikan, seluruh jajaran karang taruna mulai dari kabupaten, kecamatan, dan desa siap mendukung percepatan vaksinasi di Kabupaten Pati.

“Dimana dalam peran nyata karang taruna siap dilibatkan dengan semua elemen untuk memberikan sosialisasi, terutama menangkal adanya HOAKS yang selama ini menjadi penghambat percepatan vaksinasi,” paparnya.

Dalam diskusi tersebut, kendala senada disampaikan dari beberapa perwakilan Pengurus Karang Taruna Desa dan Kecamatan, yaitu partisipasi peserta vaksinasi kelompok lansia masih sangat rendah, baru 33%.

Baca Juga:  Kepala Disdik Kabupaten Pati ; Banyak Karakter Wayang yang Bisa Diidolakan Sebagai Perilaku Kehidupan

Hal itu diduga akibat berita yang beredar dari mulut ke mulut, bahwa vaksinasi bisa menyebabkan kematian, orang sehat jadi sakit dan lain sebagainya.

 

Sedangkan Aris Heru Prasetyo selaku Wakil Ketua Karang Taruna Kabupaten Pati memaparkan, karang taruna di setiap jajaran, mulai kabupaten, kecamatan dan semua desa se-Kabupaten Pati harus bisa menjadi garda terdepan dalam percepatan vaksinasi di Kabupaten Pati, maupun kegiatan yang berhubungan dengan PHBS masyarakat.(**)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *