Imbas Kebijakan Pemerintah Arab, Begini Nasib Agen Umrah di Pati

oleh -0 views

Pati – Kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang menghentikan sementara kehadiran jemaah umrah untuk menghindari virus corona, berimbas pada agen travel umrah di Pati. Apalagi, setiap bulannya, ada sekitar 600 jemaah umrah asal pati yang beribadah ke Tanah Suci itu.

Mutlak, para agen travel pun menunda pemberangkatan jemaah. Bahkan, mereka juga harus melakukan penjadwalan ulang.

Ketua Dewan Pengurus Derah (DPD) Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah RI (Amphuri) Jateng – DIY Endro Dwi Cahyono mengatakan, penghentian sementara umrah itu telah dirasakan sejak Kamis (27/2/2020) kemarin. Penghentian itu dilakukan dengan tak bisanya mengurus visa.

“Bagi jemaah yang visanya telah terdaftar pun kemudian dihapus dari sistem, sehingga tetap tidak bisa digunakan,” katanya, Jumat (28/2/2020).

Dia juga menambahkan, saat ini memang sudah ada jemaah yang sedang perjalanan. Tetapi mereka hanya transit di Singapura, Istanbul, dan Abu Dhabi. Setelah itupun mereka dimungkinkan akan kembali pulang.

”Kebijakan ini membuat kami pusing tujuh keliling. Apalagi biaya akomodasi seperti tiket pesawat, hotel, maupun biaya lainnya telah dilunasi satu setengah bulan sebelum pemberangkatan,” ungkapnya.

Pihaknya saat ini pun masih berupaya berkoordinasi dengan hotel maupun penerbangan yang ada di Arab Saudi. Mereka berharap bisa dilakukan penjadwalan ulang tanpa ada tambahan biaya.

“Kami mendapatkan informasi ada maskapai Arab yang memang membatalkan penerbangan dari 27 Februari hingga 13 Maret namun bersedia menjadwalkan ulang tanpa tambahan biaya. Kami berharap hotel dan penerbangan disana akan mengerti hal tersebut,” harapnya.

Saat ini pihaknya juga berkoordinasi dengan Kemenag agar dapat melobi Arab Saudi. Terutama agar Indonesia dicabut dari daerah yang izin masuknya ditangguhkan.

Sumber murianews.com https://www.murianews.com/2020/02/28/183470/imbas-kebijakan-pemerintah-arab-begini-nasib-agen-umrah-di-pati.html

Baca Juga:  76 KPB di Jepara Serahkan Bantuan 20 Ribu Masker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *