Gelar Sarasehan, DKJ Ajak Seniman Kawal Wacana Pembangunan Taman Budaya Jepara

oleh -0 views

 Jepara – Dewan Kesenian Jepara (DKJ) menggelar sarasehan terkait rencana pembangunan Taman Budaya yang akan dilakukan Pemkab Jepara di Gedung Kesenian Jepara, Sabtu (22/2/2020). Sejumlah seniman, pelaku seni, dan elemen masyarakat lain ikut ambil bagian dalam sarasehan ini.

Dalam sarasehan tersebut, sejumlah seniman dan budayawan mengklaim rencana pembangunan Taman Budaya merupakan gagasan dari mereka. Gagasan ini sudah disusun cukup lama dan akhirnya mendapatkan respon dari Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi.

Hanya, dalam perkembangannya, mereka mengaku mendapat kejutan karena Pemkab Jepara sudah merencanakan pembangunan Taman Budaya hingga Rp 80 miliar. Akibatnya, rencana tersebut berkembang di masyarakat hingga menimbulkan berbagai pendapat.

Iskak Wijaya, salah satu tokoh seniman dan budayawan Jepara menegaskan, gagasan ini sudah selayaknya terus dikawal oleh para seniman. Karena sejak awal memang ide ini merupakan gagasan dari mereka. Jepara sebagai daerah budaya memerlukan fasilitas untuk bisa mengembangkan seni dan budayanya.

“Konsep ini harus terus dimatangkan. Kita siapkan bagaimana konsepnya, mulai dari bentuk fisik sampai bagaimana pengelolaannya. Semuanya sudah kita sampaikan. Saat ini yang terpenting adalah para pelaku seni budaya guyup rukun, sehingga bisa memberi sebuah kemajuan bagi Jepara,” ujar Ishak Wijaya, Sabtu (22/2/2020).

Sementara itu, Kepala Plt Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jepara Zamroni Liztiaza menyatakan Pemkab Jepara sudah bertekad mewujudkan hal ini. Anggaran sebesar Rp 80 Milyar menurutnya merupakan kebutuhan minimal yang dibutuhkan untuk mewujudkan gagasan ini.

Taman Budaya nantinya tidak hanya untuk kegiatan kesenian saja. Namun keberadaannya diharapan bisa memberi ruang bagi seni dan budaya secara keseluruhan. Lebih jauh, Taman Budaya nantinya juga bisa menjadi sebuah pusat pertumbuhan ekonomi baru, selain sebagai destinasi wisata baru bagi Jepara.

Baca Juga:  Dubes Bosnia-Herzegovina Berharap Peningkatan Kerja Sama Perdagangan dan Pariwisata

“Soal anggaran adalah relatif. Di beberapa daerah bahkan ada yang membangun dengan biaya sampai Rp 115 miliar. Di Jepara kami rencanakan Rp 80 miliar, dan itupun kami lakukan dengan tidak membebani APBD Jepara. Rencana kami jalan terus,” ujar Zamroni Liztiaza.

Selanjutnya, pihaknya Pemkab Jepara melalui Disparta mengundang sejumlah stakeholder untuk bisa memberikan masukan mengenai bentuk fisik beberapa fasilitas yang akan dibangun. Selasa (25/2/2020), di Aula Disparta Jepara akan dilakukan hearing mengenai bentuk fasilitas infrastruktur yang akan dibangun di Taman Budaya Jepara.

Sumber murianews.com https://www.murianews.com/2020/02/22/183099/gelar-sarasehan-dkj-ajak-seniman-kawal-wacana-pembangunan-taman-budaya-jepara.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.