Disinfektan Mahal dan Tidak Efektif

oleh -0 views

JEPARA – Ketua Satgas Penanggulangan Penyebaran COVID-19 Kabupaten Jepara, Edy Sujatmiko tidak merekomendasikan penggunaan cairan disinfektan. Di samping mengandung zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan, harganya cukup mahal, juga tidak efektif untuk jangka waktu lama.

Edy yang juga selaku Sekda Jepara menilai, disinfektan memang cukup ampuh menangkal virus corona. Namun, hal itu saat masih berupa cairan yang hanya bertahan kurang dari tiga jam. Demikian disampaikannya dalam rapat evaluasi langkah pencegahan masuknya COVID-19, di ruang kerja Bupati Jepara, Rabu (1/4/2020). “Karena dia membunuh ketika masih berwujud cairan. Disemproti, kalau sudah kering sudah tidak bisa membunuh,” ujar dia.

Ketua Satgas COVID-19 Jepara pun khawatir, warga akan terlena karena merasa sudah aman setelah disemprot disinfektan. Edy lebih menganjurkan warga memanfaatkan detergen atau sabun dan air. “Pencegahan lebih baik memakai detergen, cuci tangan pakai sabun, mengisolasi diri dan menggunakan masker bilamana dia merasa sakit,” kata Edy.

Kendati demikian, pihaknya tidak melarang cara pencegahan seperti dimaksud. Kepada satgas tingkat bawah, diimbau lebih memaksimalkan pendataan bagi warga yang baru datang dari perantauan. Selain juga terus melakukan sosialisasi, dan mengupayakan alat pelindung diri (APD).

Senda dengan hal itu, Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi meminta satgas tingkat desa lebih gencar melakukan sosialisasi kepada warganya. Ia berharap media-media komunikasi yang ada, dapat lebih dimaksimalkan untuk melakukan edukasi. “Kita efektifkan media-media komunikasi yang ada. Termasuk menggunakan pengeras suara yang ada di tiap-tiap peribadatan,” ujar Andi.

Guna mendukung langkah pencegahan penyebaran virus korona, Plt. Bupati Jepara juga menyampaikan dana desa dapat direlokasi untuk itu. Pemerintah desa dapat mengalokasikan sebagian dana desanya. Termasuk pemberian sembako bagi warga miskin terdampak. “Sudah ada petunjuknya, jadi bisa dilakukan pergeseran di DD dan ADD-nya,” tutur dia. 

Baca Juga:  Beras Paceklik Berkurang, Nelayan Jepara Ancam Kembalikan Bantuan

sumber jepara.go.id https://jepara.go.id/2020/04/02/disinfektan-mahal-dan-tidak-efektif/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *