Di SMK 3, Bupati Jepara Ajak Hilangkan Mentalitas Korupsi Sejak Dini

oleh -0 views

 Jepara – Bangsa dan negara tidak dibangun di atas perilaku korupusi melainkan dibangun di atas kejujuran dan nilai-nilai integritas. Untuk itu generasi muda wajib menumbuh kembangkan nilai-nilai ini, karena merekalah yang akan menerima estafet kepemimpinan bangsa di masa mendatang.

Pernyataan ini disampaikan oleh Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi saat memberikan pelajaran kepada siswa-siswi SMK 3 Jepara. Dian Kristiandi, Senin (24/2/2020) memang menjadi guru dalam program Bupati Jepara Mengajar. Program ini sudah kesekian kalinya dilakukan oleh Bupati Jepara, sebagai bagian pembangunan Sumber Daya Alam di Jepara.

Pada kesempatan tersebut, Dian Kristiandi mengajak para siswa untuk menghilangkan mentalitas atau budaya korupsi. Mentalitas anti korupsi menurutnya harus ditumbuh kembangkan sejak dini. Di sekolah-sekolah hal ini harus ditumbuh kembangkan sebagai bagian dari kebiasaan di lingkungan sekolah.

“Lalu, bagaimana caranya? Caranya adalah dengan mengembangkan integritas diri masing-masing. Tidak hanya pada murid, guru tapi semua bagian dari lingkungan sekolah yang ada,” ujar Dian Kristiandi, Senin (24/2/2020), di SMK N 3 Jepara.

Disampaikan juga oleh Dian Kristiandi, moralitas dan etika menurutnya merupakan modal penting untuk membendung budaya korupsi. Setiap pemimpin di masa yang akan datang, harus lepas dari prilaku koruptif.

Perilaku atau budaya korupsi itu harus diwaspadai bisa lahir dari kebiasaan buruk yang dianggap sepele. Misalnya dalam hal kedisiplinan waktu. Budaya datang terlambat ke sekolah, jika dilakukan secara terus-menerus, disadari atau tidak akan membentuk mentalitas koruptif.

“Awalnya menganggap biasa terlambat, lalu menganggap biasa menyontek, menganggap biasa kebiasaan gak disiplin. Lama-lama yang akan menjadi mentalitas koruptif. Ini tidak bisa dibiarkan. Bentuklah karakter diri yang kuat, disiplin dan anti korupsi,” tambah Dian Kristiandi.

Baca Juga:  Tanami Ribuan Bibit Pohon, Cara Laskar Muria Hijaukan Lereng Pegunungan Muria

Pada tataran pemerintahan aturan mengenai tindakan korupsi ini sudah diatur dengan jelas, termasuk dalam Undang-Undang. Termasuk didalamnya diatur tentang risiko dan konsekwensinya jika melakukan korupsi.

Selain kedisiplinan, beberapa nilai integritas yang harus ditanamkan bagi generasi milenial adalah budaya kejujuran, kesederhanaan, kegigihan, keberanian dan tanggung jawab. Selaim itu generasi melanial juga harus memiliki sikap tentang keadilan, kepedulian dan kerjasama.

Sumber murianews.com https://www.murianews.com/2020/02/24/183173/di-smk-3-bupati-jepara-ajak-hilangkan-mentalitas-korupsi-sejak-dini.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.