Desa Sekuro Jepara Siap Tangani Sampah Secara Mandiri

oleh -1 views

Jepara – Desa Sekuro, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, secara resmi ditetapkan menjadi Desa Mandiri Sampah, oleh Pemkab Jepara, Minggu (23/2/2020). Predikat ini memberi konsekuensi bagi masyarakatnya untuk bisa menangani sampah sendiri.

Petinggi Desa Sekuro M Sokib menyatakan, masyarakat dan Pemdes Sekuro sudah siap melaksanakan konsekuensi ini. Penanganan sampah secara mandiri sudah disiapkan dari seluruh aspek.

Dari sisi regulasi pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menyusun Perdes tentang hal ini. Pengelola kegiatan ini juga sudah dibentuk.

“Kami sudah siapkan perdes kemudian juga pengelola sampahnya. Untuk yang mengurusi masalah nilai ekonomis sampah juga sudah kami siapkan untuk ditangani oleh BUMDes yang sudah ada,” ujar M Sokib, Minggu (23/2/2020).

Sedangkan untuk sarana prasarana pihaknya juga sudah siap. Saat ini pihaknya sudah ada fasilitas shelter sampah. Kemudian juga sudah ada 10 unit motor roda tiga yang akan digunakan sebagai sarana pengangkutan sampah.

Desa Sekuro yang memiliki tujuh RW masing-masing akan ada bank sampahnya. Bank sampah akan memilah-milah sampah yang dihasilkan oleh masyarakat. Sampah yang bisa diolah dan bernilai ekonomis akan dicatat dan nantinya akan mendapatkan uang pembelian.

“Jadi sampah-sampah yang dihasilkan warga akan dipiliah-pilah di bank sampah. Sampah yang bisa diolah atau bernilai ekonomi akan dibawa ke shelter sampah. Sedangkan sampah organik akan dibuang ke TPA sampah,” tambah M Sokib.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jepara, Elida Farikha menyatakan di Jepara sudah ada empat desa Mandiri Sampah. Sekuro sendiri merupakan yang paling akhir ditetapkan sebagai Desa Mandiri Sampah.

Desa Sekuro juga akan dijadikan sebagai desa percontohan nasional terkait pengelolaan sampah. Peringatan Hari Peduli Sampah tingkat Kabupaten Jepara digelar di Pantai Blebak, Sekuro, Mlonggo, Jepara, Minggu (23/2/2020). Peringatan dilakukan dengan aksi pungut sampah di sepanjang pantai. Sampah yang berhasil dipungut jumlahnya mencapai hampir satu ton.

Baca Juga:  Tiap Bulan Pensiun, Jepara Kekurangan Pegawai Negeri

Sumber murinews.com https://www.murianews.com/2020/02/23/183116/desa-sekuro-jepara-siap-tangani-sampah-secara-mandiri.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *