Berkat Inovasi Layanan Pakde, Pemkab Blora Diganjar Anugerah Dimensi Smart Economy

oleh -4 views
Wabup Tri Yuli Setyowati mewakili Pemkab Blora menerima penghargaaan terbaik dalam kategori ‘Dimensi Smart Economy’ dari Kemenkominfo RI bersama 15 kabupaten/kota lainnya di Indonesia, di International Convention Exhibition (ICE) BSD City (Foto: Firmansyah)

BLORA- Pemerintah Kabupaten Blora menerima penghargaaan terbaik dalam kategori ‘Dimensi Smart Economy’ dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI). Penghargaan bagi Pemkab Blora, diterimakan bersama 15 kabupaten/kota lainnya di Indonesia, bertempat di International Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten.

 

Penghargaan yang diraih Pemkab Blora, dari inovasi aplikasi warung PAKDHE (Warga Beruntung Pelayanan Adminduk Berhenti di Desa). Program ini diluncurkan Pemkab Blora melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Blora.

 

Wakil Bupati (Wabup) Blora, Tri Yuli Setyowati menyatakan, Pemkab Blora menerima penghargaan untuk 15 Kabupaten terbaik  se-Indonesia dimensi smart Economy dari Kemenkominfo, Selasa (14/12/2021).

 

Wabup Tri Yuli mewakili Bupati Blora Arief Rohman, menerima penghargaan tersebut bersama 17 kepala daerah dari kabupaten/kota lainnya  di Indonesia.

“Penghargaan ini didapatkan dari inovasi warung PAKDHE yang diluncurkan Pemkab Blora melalui Dindukcapil Kabupaten Blora,” ujarnya.

 

Dengan program ini, kata Tri Yuli, diharapkan mempermudah pelayanan kependudukan dan terhenti di desa dan kelurahansaja. Sehingga memudahkan masyarakat Blora untuk mengurus tentang semua dokumen kependudukan.

 

Terkait apa langkah ke depan yang akan ditempuh Pemkab Blora usai menerima penghargaan, Tri Yuli mengaku bahwa peningkatan SDM menjadi langkah dalam waktu dekat agar pelayanan semakin lebih baik lagi.

 

“Kita akan mempersiapkan lagi peningkatan SDM pelayanan sampai tingkat kecamatan, desa, kelurahan yang ramah. Karena masih ada keluhan dibeberapa tempat, antara lain komplain masyarakat terkait SDM pelayanan kami yang kurang ramah dan tanggap”, paparnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinkominfo Blora, Pratikto Nugroho yang hadir mendampingi Wabup Blora menambahkan, Pemkab Blora juga menerima penghargaan dalam pameran virtual (booth virtual), yang difasilitasi oleh Kemenkominfo yang dapat di akses melalui http://indonesiasmartcity.id

Baca Juga:  Dishub Pati Temukan Tiga Angkudes di Tayu Tak Layak Jalan

 

Praktikto menjelaskan, pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) telah memberikan pendampingan penyusunan masterplan kota cerdas (smart city).

 

Menurut Praktikto, pendampingan ini diberikan kepada 48 kabupaten/kota yang berada pada Kawasan Pariwisata Prioritas Nasional dan Ibu Kota Negara Baru, serta evaluasi implementasi program kota cerdas (smart city) terhadap 100 kota/kabupaten yang telah terpilih pada tahun 2017-2019.

 

“Jadi dalam acara Indonesia Smart City Conference, membahas upaya pemanfaatan TIK dalam implementasi kota cerdas (smart city). Kemudian diberikan penghargaan (awarding) kepada setiap kepala daerah atas pencapaian penyusunan masterplan dan implementasi program kota cerdas, salah satunya adalah Kabupaten Blora melalui Dimensi Smart Economy, ” jelasnya.(*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *