Apa Itu Upacara Sudhi Wadani yang Akan Dijalani Sukmawati Soekarnoputri?

oleh -28 views
upacara sudhi wadani

beritaplatk – Baru-baru ini terdengar kabar bahwa Sukmawati Soekarnoputri pindah agama ke Hindu. Beliau dikabarkan akan menjalani upacara Sudhi Wadani pada Selama (26/10). Rencananya, upacara ini digelar di Kawasan Soekarno Center Heritage Bale Agung Singarja, Buleleng, Bali.

Lantas apakah upacara Sudhi Wadani itu? Mengapa upacara ini penting dilakukan bagi penganut agama Hindu? Lalu persyaratan apa saja yang harus dilengkapi Ibu Sukmawati Soekarnoputri pindah ke agama Hindu?

u'pacara sudhi wadani

Upacara Sudhi Wadani Adalah

Sudhi wadani ini berasal dari “sudhi dan wadani”. Sudhi merupakan Bahasa sansekerta yang artinya penyucian, persiapan, persembahan atau persiapan penyucian. Sudhi setara dengan kata suddha yang artinya suci, bersih, putih tanpa cacat atau cela. Sementara kata wadani artinya banyak pembicaraan atau banyak kutipan.

Menurut jurnal “Legalitas Upacara Sudhi Wadani dalam Hukum Hindu, ” Sudhi Wadani adalah salah satu upacara Hindu untuk pengesahan ucapan maupun janji seseorang yang tulus dan suci menyatakan telah menganut agama hindu yang disaksikan oleh pihak-pihak terkait. Tidak hanya sebagai ritual tapi Sudhi Wadani juga merupakan wadah penyucian diri dalam agama Hindu.

Sebelum melakukan upaca Sudhi Wadani, dia yang berpindah agama harus melengkapi syarat-syarat dari agama Hindu serta syarat administrasi yang berlaku. Salah satu syaratnya adalah membuat surat pernyataan menganut agama Hindu dengan kesadaran dan tanpa paksaan yang ditandatangani di atas materai.

Disamping itu, pemohon yang berpindah ke agama Hindu juga wajib mengirimkan surat permohonan kepada lembaga pensuddhian lengkap dengan pas foto dan foto KTP. Ini bertujuan untuk menunjukkan legalitas perpindahan agama. Dalam hal ini juga dibutuhkan saksi-saksi untuk menghadiri upacara Sudhi Wadani.

Tidak ada batasan umur pemohon yang ingin disucikan karena upcara ini adalah bentuk penyucian lahir dan batin. Ada bahan-bahan khusus yang harus disiapkan dalam upacara sudhi wadani ini yaitu daun enau, daun kelapa, daun sirih, daun pisang dan lainya. Selain itu, juga ada buah-buahan, beras, kacang-kacangan dan lain sebagainya. Ada pula beberapa bunga serta air suci.

Baca Juga:  Benarkah Nenek Jadi Alasan Sukmawati Soekarnoputri Kembali ke Jalan Darma?

Setalah selesai menjalani upacara ini, seseorang telah resmi menjadi Hindu dan wajib menaati semua ajaran agama Hindu. Setelah itu, perpindahan agama ini resmi dicatat secara administrative sesuai aturan negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *