Antisipasi Kerusuhan di Tahun Politik, Polres Demak Gelar Latihan Dalmas

oleh -0 views

Demak – Tahun 2020 akan menjadi tahun politik, dengan kerawanan gangguan keamanan meningkat. Yang terdekat adalah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Demak 2020 yang prosesnya kini mulai berlangsung memasuki tahap pembentukan PPK dan PPS.

Ada 270 daerah yang menggelar Pilkada serentak pada 23 September 2020 nanti. Termasuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Demak.

Berbagai macam kerawanan keamanan hingga kerusuhan memungkinkan terjadi selama tahun politik ini. Oleh karenanya, jajaran kepolisian menyiapkan diri untuk mengantisipasi dan menyiapkan personel jika sewaktu-waktu terjadi konflik.

Seperti dilakukan Polres Demak, yang sejak jauh-jauh hari melatih kemampuan pengendalian massa. Selasa 18/02/2020, puluhan anggota Dalmas Polres Demak mempertajam kemampuan dalam pengendalian kerusuhan.

Berbagai model penanganan disiapkan dan dilatih dengan matang. Sehinggga personel sudah siap diterjunkan jika terjadi kericuhan.

Kapolres Demak, AKBP R. Fidelis Purna Timoranto menyatakan, latihan dalmas ini dilakukan supaya anggota siap menghadapi Pilkada Kabupaten Demak 2020, Sehingga stabilitas politik dan keamanan tetap terjaga.

Tidak hanya latihan pengendalian massa saja, Anggota Dalmas Polres Demak juga berlatih bela diri guna menghadapi kondisi darurat

”Latihan kami laksanakan agar anggota lebih siap melaksanakan tugas. Karena pada pilkada tensi politik biasanya menghangat. Kami berharap tak sampai terjadi gangguan keamanan dan ketertiban di masyarakat khususnya di Kabupaten Demak,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kapolres mengatakan, latihan ini bakal digelar rutin setiap hari. Tidak hanya latihan pengendalian massa saja, namun latihan bela diri maupun baris berbaris dilakukan untuk penguatan fisik agar selalu siap. Latihan juga melibatkan anggota polsek jajaran sebagai pengendali massa awal.

“Kami ingin menyiapkan pasukan sebaik mungkin. Oleh itu, kami harus mahir dalam setiap gerakan pengendalian massa agar dalam menjalankan tugas di lapangan berjalan baik. Terlebih kami juga harus menyiapkan fisik untuk setiap tahapan kegiatan pilkada. Kami juga mempersiapkan diri untuk masa kampanye yang akan dimulai Juli mendatang,” tandasnya.

Baca Juga:  Butuh Bantuan, Kakek Renta di Pati Hidup Sebatangkara di Rumah Beratap Plastik

Sumber jurnalpantura.id https://jurnalpantura.id/antisipasi-kerusuhan-di-tahun-politik-polres-demak-gelar-latihan-dalmas/  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *