Antisipasi Corona, Pemkab Jepara Tambah Fasilitas Cuci Tangan di Pelabuhan Penyeberangan Pantai Kartini

oleh -0 views

 Jepara – Sebagai kawasan yang menimbulkan kerumunan manusia, Pelabuhan Penyeberangan Pantai Kartini Jepara rentan menjadi tempat menyebarnya virus corona. Sebagai langkah preventif, pihak pengelola pelabuhan mulai menambah fasilitas cuci tangan bagi para penumpang.

Kabid Perhubungan Laut pada Dinas Perhubungan (Dishub) Jepara Surata menyatakan, pihaknya berharap fasilitas ini bisa membantu para penumpang untuk bisa menjaga kebersihan diri. Hal ini juga seiring dengan diterapkannya pengawasan para penumpang melalui pemeriksaan tubuh.

Fasilitas untuk mencuci tangan disediakan di pintu masuk pelabuhan penumpang. Selain ketersediaan air, juga disediakan sabun antiseptic yang diharapkan bisa membersihkan virus sehingga tidak menular. Langkah ini juga merupakan respon atas intruksi Gubernur Jawa Tengah dan Bupati Jepara.

“Karena di sini merupakan salah satu tempat yang bisa dikategorikan sebagai lokasi berkerumun, maka kami harus melengkapinya dengan fasilitas ini. Dengan begitu para penumpang bisa mencuci tangannya lebih dulu, sebelum berlayar,” ujar Surata, Senin (16/3/2020).

Pelabuhan Penyeberangan Pantai Kartini sendiri, sampai sejauh ini masih terus melayani pelayaran dari dan ke Karimunjawa. Pemerintah Kabupaten Jepara belum memutuskan menutup Karimunjawa sebagai wilayah destinasi wisata terkait, penyebaran virus corona. Sehingga pelayaran masih dibuka setiap hari.

Namun, Surata menyatakan, sejak beberapa hari terakhir, jumlah penumpang yang menyeberang ke Karimunjawa mulai mengalami penurunan. Penurunan yang terjadi terdeteksi sejauh ini mencapai 30-an persen. Dibandingkan hari-hari biasanya, jumlah penumpang yang ke Karimunjawa menurun jumlahnya.

“Tidak hanya penumpang wisatawan lokal, penumpang wisatawan asing juga mengalami penurunan. Pada pelayaran hari ini jumlah penumpang hanya mencapai 290 orang, dari yang biasanya 400 orang,” ujar Surata.

sumber murianews.com https://www.murianews.com/2020/03/16/184576/antisipasi-corona-pemkab-jepara-tambah-fasilitas-cuci-tangan-di-pelabuhan-penyebrangan-pantai-kartini.html

Baca Juga:  Blora Masih Nihil Kasus Positif Corona, Hanya Ada 473 ODP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *