Anggaran Pemeliharaan Jalan Tahun 2020 Lebih Sedikit Dibanding Tahun Lalu

oleh -5 views

Kudus – Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kudus tahun ini mendapat kucuran dana sebesar Rp. 1,6 miliar untuk kegiatan permeliharaan jalan.

Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kudus, Harry Wibowo menyebut anggaran sebesar Rp. 1,6 miliar ini merupakan dana belanja rutin material yang dikucurkan Pemerintah Kabupaten Kudus untuk kurun waktu setahun.

“Beli Asphal Concrete Wearing Course (ACWC) 700 ton dengan nilai Rp. 1,2 miliar. Lalu sisanya sekitar Rp. 400 juta untuk beli semen, padas dan sebagainya,” rinci dia saat ditemui di Kantor Dinasnya, Selasa 21/01/2020.

Jika dibandingkan dengan gelontoran dana di tahun-tahun sebelumnya. Anggaran untuk pemeliharaan jalan tahun ini tergolong sedikit. Mengingat di tahun 2018, Pemkab Kudus menganggarkan dana sebesar Rp. 5 miliar untuk kegiatan tersebut. Kemudian di tahun 2019 dialokasikan sebesar Rp. 3,6 miliar.

Untuk itu, pihaknya berharap dalam APBD Perubahan nantinya dinasnya dapat mendapat suntikan dana untuk pemeliharaan jalan. Tujuannya tak lain, agar kondisi jalanan di Kudus tetap nyaman dan aman dilalui oleh masyarakat.

“Tahun ini kita dapat anggarannya lebih sedikit. Makanya kita tahun ini lebih selektif,” katanya.

Menurutnya, pemeliharaan rutin jalan protokol menjadi fokus pihaknya. Dengan pertimbangan, tingginya mobilitas masyarakat di ruas-ruas jalan tersebut.

Dalam setahun, masih kata Harry ada sekitar 30 hingga 33 ruas jalan yang memerlukan pemeliharaan. Terlebih pada musim penghujan seperti ini, banyak bermunculan lubang-lubang di jalanan, yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

“Untuk jalan berlubang di Kudus terus kita lakukan inventarisir dan sudah mulai kami tambali,” imbuhnya.

Meski begitu, pihaknya menegaskan jika kondisi jalanan di Kabupaten Kudus sudah tergolong baik. Hal ini di dasarkan pada tingkat jalan baik di Kudus yang mencapai sekitar 92 persen.

Baca Juga:  Cerita Dua Monumen di Blora Jadi Saksi Gugurnya Polisi dalam Insiden PKI

Sumber jurnalpantura.id

https://jurnalpantura.id/anggaran-pemeliharaan-jalan-tahun-2020-lebih-sedikit-dibanding-tahun-lalu/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *