Benarkah Nenek Jadi Alasan Sukmawati Soekarnoputri Kembali ke Jalan Darma?

oleh -34 views
alasan Sukmawati Soekarnoputri pindah agama

Beritaplatk – Pastinya public kaget dan bertanya-tanya tentang alasan Sukmawati Soekarnoputri pindah agama? Benarkah sosok nenek yang menjadi alasan utama beliau ingin kembali ke jalan darma?

Sukmawati Soekarnoputri putri Presiden Soekarno dijadwalkan akan menjalankan ritual Sudhi Wadani. Ritual ini bentuk penyucian diri secara lahir batin bagi mereka yang ingin memeluk agama Hindu.

alasan Sukmawati Soekarnoputri pindah agama

Alasan Sukmawati Soekarnoputri Kembali ke Jalan Darma

Perlu kita ketahui bahwa Ir. Soekarno adalah anak dari Ida Ayu Nyoman Rai Srimben yang merupakan bangsawan Bali dan beragama Hindu. Menurut pengacaranya, sosok nenek menjadi salah satu pertimbangan penting Sukmawati saat memilih pindah agama.

“Iya (alasannya karena sosok nenek). Ibunya Bung Karno kan Ida Nyoman, bangsawan Bali,” kata Witaryono Reksoprojo, pengacara Sukmawati, Jumat (22/10).

“Ya, itu semua melalui proses yang cukuplah,” tambah Witaryono.

Sebelum memutuskan untuk berpindah agama, Sukmawati telah mendalami ajaran agama Hindu. Rencananya, Sukmawati akan menggelar Ritual Sudhi Wadani di rumah asal ibunda Soekarno Singaraja, Buleleng.

Namun, sang pengacara belum tahu apakah Sukmawati akan menetap di Bali atau tidak.

“Belum tahu (apakah akan tinggal di Bali). Tapi soal agama itu adalah hak pribadi Ibu Sukmawati, jadi harus kita hormati,” ungkap Witaryono. Sukmawati Soekarnoputri Pindah Agama

Untuk pemilihan Bale Agung Singaraja sebagai tempat upacara Sudhi Wadani adalah keputusan sendiri Sukmawati. Itu karena dulunya tempat tinggal neneknya yaitu Ida Ayu Nyoman Rai Srimben.

The Soekarno Center nantinya yang akan menyiapkan acaranya dari sesajen untuk ritual maupun resepsi. Menurut Ketua The Soekarno Center, Wedakarna selama 19 tahun berkiprah di PNI (Partai Nasional Indonesia), Sukmawati lebih banyak mendatangi pura-pura serta mengikuti acara Hindu. Selain itu juga, beliau suka berdiskusi dengan pemangku adat dan pendeta.

Baca Juga:  Bangga dengan PT Arisa Mandiri Pratama Demak, Moeldoko: Arisa Membantu Pemerintah Buka Lapangan Kerja

“Jadi menurut saya, itu pilihan beliau ya, jadi kalau yang paling utama kan tentu beliau tahu. Jadi kami tidak masuk ke wilayah itu. Kami diminta untuk menyiapkan acara untuk putri proklamator dan kami siapakan semuanya,” kata Wedakarna.

Wedakarna juga mengungkap jika kepindahan agama Sukmawati ini juga sudah didiskusikan dengan keluarga dan tentunya sudah mendapatkan restu mereka.

“Putra-putri beliau ada tiga orang kan. Mendapat persetujuan juga dari kakak dan adik putri Bung Karno yang lain seperti Ibu Mega, Ibu Rahma pilihan, Bapak Guntur, dan Bapak Guruh,” ujar Wedakarna.

“Jadi semuanya sudah setuju. Itu urusan beliau untuk minta izin. Karena kan salah satu syarat dari Sudhi Wadani ini adalah ada izin dari keluarga,” tambah Wedakarna. Sukmawati Soekarnoputri Pindah Agama

 

ref : detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *