85 Persen Hotel dan Restoran di Jepara Mulai Buka

oleh -4 views

Jepara – Sejak pandemi Covid-19 menerpa, sebagian besar hotel dan restauran di Jepara tutup operasi. Mereka terpaksa merumahkan sebagian besar pekerjanya, karena biaya operasional tak bisa ditutup lantaran tidak ada tamu yang datang.

Namun menyusul rencana diterapkannya New Normal oleh pemerintah, sebagian besar hotel dan restauran di Jepara sudah mulai membuka usahanya kembali.

Ketua BPC Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) Jepara, R Sigit Nugroho, menyebut saat ini sudah ada banyak anggotanya yang mulai membuka usaha kembali.

Mereka membuka kembali layanan dengan menerapkan protokol kesehatan yang diwajibkan. Trik dan promosi untuk bisa menggaet tamu juga dilakukan oleh mereka.

”Saat ini sudah sekitar 85 persen usaha hotel dan restauran di Jepara mulai membuka usahanya kembali. Meski belum sepenuhnya memberikan hasil seperti biasanya, namun rencana penerapan new normal menjadi sebuah harapan baru bagi kami,” ujar R Sigit Nugroho, Rabu (10/6/2020).

Sementara itu, Operasional Manager Palm Beach Hotel & Restaurant, Bandengan, Awang Budiono menyatakan pihaknya sudah mulai membuka usaha kembali.

Sejak Maret lalu pihaknya terpaksa menutup usaha dan harus merumahkan 40 orang karyawannya. Karena memang tidak ada tamu yang menginap, maka biaya operasional tidak bisa tertutup.

Rencana akan digulirkannya kebijakan New Normal menurutnya menjadi harapan baru bagi pihaknya. Sejak awal Juni ini, layanan hotel sudah mulai dibuka, meski pengunjungnya belum seramai biasanya.

Sedangkan untuk layanan restauran, untuk sementara belum dibuka. Rencananya masih akan menunggu perkembangan lebih lanjut.

“Usaha kami buka kembali, tentu saja dengan menerapkan prosedur yang sesuai dengan protokol kesehatan. Mulai dari menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer, pemeriksaan suhu tubuh, hingga penyemprotan disfektan untuk seluruh area hotel hingga ke kamar. Semua kami siapkan,” ujar Awang Budiono.

Baca Juga:  Hebat, Kabupaten Jepara Kantongi Investasi Rp 4,5 Trilliun, Diharapkan Mampu Serap Ribuan Tenaga Kerja

Agar pengunjung tertarik, saat ini pihaknya juga menggelar program diskon untuk tarif sewa kamar hotel. Diskon yang diberikan bahkan mencapai 50 persen dari harga yang biasanya dipatok.

Namun program ini juga belum sepenuhnya berhasil menggaet tamu untuk menginap. Saat ini baru pengunjung dari Jepara dan sekitarnya saja yang datang. Jumlahnya pun rata-rata baru satu orang setiap hari.

Sumber murianews.com https://www.murianews.com/2020/06/10/189740/85-persen-hotel-dan-restoran-di-jepara-mulai-buka.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *