Jaket Batik Garuda Dipakai Jokowi Bikinan Cristina Damayanti, Designer Blora Bertalenta

oleh -15 views
Christina Damayanti, pengusaha batik kontemporer sekaligus desainer ternama di Blora, mengaku bangga jaket yang dibuatnya dan dibeli dan dipuji Presiden RI Jokowi. (Foto: Firmansyah

BLORA- Kunjungan kerja Presiden RI Jokowi di Kabupaten Blora, Jawa Tengah kemarin lusa, meninggalkan kesan mendalam bagi masyarakat di kabupaten setempat. Kesan tak terlupakan, terutama bagi Cristina Damayanti, designer muda bertalenta asal Blora.

Betapa tidak. Cristina merasa bangga, sebab jaket batik yang didesainnya bermotif Garuda Pancasila, ternyata berhasil menarik perhatian Presiden RI Jokowi. Jaket yang dibuatnya itu, dipuji dan dibeli orang nomor 1 di Indonesia.

Ia pun menceritakan awal mula produknya bisa mejeng dan dipamerkan di stand UMKM Blora, bersamaan peresmian Bandara Ngloram oleh Presiden Jokowi.

“Awalnya saya diminta dan diundang Bupati Blora Arief Rohman beserta istri Bu Aini Salihah untuk ikut mengisi stand UMKM Blora di Bandara Ngloram. Harapan beliau berdua, produk saya bisa menambah ragam karya asli Kabupaten Blora,” ujar desainer cantik berusia 37 tahun ini.

Cristina yang juga pengusaha batik kontemporer dan memiliki Butik bernama SNAP di Jalan Pemuda Blora ini, mengaku biasanya memajang produknya saat ada pameran saja.

 

“Saya bersama pengusaha UMKM lainnya saat itu bergabung ikut pameran disela peresmian Bandara Ngloram, tujuannya untuk mengangkat nama Blora. Tapi, saya rutin ikut pameran di INA CRAFT Jakarta dengan membawa brand (merek) sendiri yakni SNAP,” kata Cristina, Minggu (19/12/2020).

 

Alumni Design School Billy Blue Sydney Australia ini menjelaskan, jika produknya awalnya dipajang dibagian dalam stand. Namun usai dikunjungi Gubernur Ganjar Pranowo untuk mengecek persiapan peresmian bandara, sejumlah karya Cristina justru dipindah untuk dipamerkan di stand paling depan.

 

“Ketika Pak Ganjar bersama istri mampir sore itu ke stand, dia bilang ini produk bagus. Kemudian beliau memberi ide kepada pengelola stand agar stand diisi produk jadi. Jangan kain semua, agar stand Blora tampak manis,” imbuhnya mengenang peristiwa itu.

Baca Juga:  Donasi Bulan Dana PMI Blora Tahun 2019 Capai Rp 892 Juta

 

Akhirnya ide Gubernur Ganjar Pranowo pun direspon cepat oleh istri Bupati Blora, yakni merombak penampilan stand pameran. Ganjar pun menyempatkan membeli jaket motif Garuda Pancasila. Sedangkan istrinya, membeli kain batik khas Blora.

 

Designer yang memiliki pelanggan sejumlah Artis Indonesia seperti Vicky Zhu dan Anita Hara ini, juga menyampaikan bahwa jaket yang viral tersebut didesign dan diproduksinya sendiri.

Ia  membutuhkan waktu dua hari membuat jaket, sebelum peresmian Bandara. Usai observasi selera Presiden Jokowi, Cristina pun memutuskan membuat 2 design jaket dan hanya diproduksi terbatas.

 

“Saya produksi jaket 2 design, yakni Garuda Pancasila yang diwarnai ornamen seni dan khas Jati Blora. Sedangkan satunya bercorak wajah Presiden Jokowi dengan ornamen kesenian Blora. Design ini saya produksi cuma 4 buah,” paparnya.

 

Istri Yongki Hartono tersebut memaparkan, awalnya jaket tersebut ingin diberikan sebagai kenang kenangan kepada Presiden Jokowi. Namun oleh Ganjar Pranowo dan tim Event Organiser (EO) pameran melarangnya.

 

“Rencananya, jaket itu aku titipkan Bu Aini (Istri Bupati Blora) agar diberikan ke Pak Ganjar dan Pak Jokowi sebagai souvenir dari Blora. Namun justru disarankan agar produk saya harus dijual saat pameran,” bebernya.

 

Ia merasa bangga dan gembira, sebab bisa melihat dan ngobrol langsung dengan Presiden Jokowi beserta sang Istri. Terlebih keduanya juga membeli produk UMKM Blora dan Jokowi langsung memakainya.

 

“Usai peresmian bandara, Pak Jokowi dan Bu Iriana mampir stand UMKM Blora. Pak Jokowi pilih pilih sendiri hingga membeli jaket, sedangkan Bu Iriana juga keliling stand untuk membeli batik tulis,” ucapnya.

 

Designer dan Produsen batik tulis, batik cap dan batik kombinasi ini, juga mengucapkan banyak terima kasih. Sebab karena jasa Bupati Blora dan Gubernur Jateng, hingga karyanya disukai orang Nomor 1 di Indonesia.

Baca Juga:  Pelajar SMK di Demak Sumbang Hasil Belajar Online Cegah Covid 19

 

“Terima kasih Pak Ganjar dan Bu Atikoh yang sudah memberikan ide dan arahan serta membeli UMKM Blora. Dia tuh bener bener ramah dan peduli banget. Tak lupa juga terima kasih kepada Bupati Blora dan Bu Aini, yang telah berupaya keras memperkenalkan produk karya warga Blora ke pejabat. Saya sungguh-sungguh terkesan,” pungkasnya.(*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *