Investor Luar Negeri Melirik Potensi Kabupaten Pati, Bupati Haryanto Berikan Kemudahan Berinvestasi

oleh -1 views
Jajaran pengurus DPK Apindo Kabupaten Pati foto bersama usai dilantik Bupati Pati Haryanto, di gedung pertemuan PT Kebon Agung PG Trangkil Pati, Jawa Tengah. (Foto: Ist)

Beritaplatk, Pati- Sejumlah investor kini mulai melirik potensi besar yang ada di Kabupaten Pati. Bahkan, beberapa perusahaan besar sudah mulai melakukan pengembangan-pengembangan di wilayah Pati.

Sehingga nantinya dapat menyerap lebih banyak tenaga kerja, khususnya masyarakat Kabupaten Pati. Hal itu dikatakan Bupati Pati, Haryanto, saat melantik pengurus Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Pati, di gedung pertemuan PT Kebon Agung PG Trangkil Pati baru-baru ini.

 

“Contoh, itu yang kerja di PT Seijin. Dulunya kan mereka kerja di Karawang, Bekasi, Semarang, kemudian pada pulang. Itu saya cek, saya tanya pada saat rekruitment dulu. Kemarin juga melakukan perluasan tanah, sudah kita bantu,” ujar Bupati Haryanto.

Menurut Haryanto, PT Seijin juga akan menambah gudang induknya di Kabupaten Pati juga. Selama ini, perusahaan itu mengaku berpindah-pindah di beberapa daerah. Namun akhirnya kemudahan diterima mereka di Kabupaten Pati.

“Itu merupakan suatu bentuk kenyamanan daripada investor yang ada. Sehingga dengan adanya Apindo ini, dapat memberikan fasilitasi pada teman-teman investor”, terangnya.

Haryanto menyebut bahwa investasi tidak hanya pada sektor industri manufaktur, yang meliputi garment, sepatu dan lain-lain. Namun industri perikanan juga mulai dilirik.

Haryanto mengaku baru-baru ini telah berhasil menyabet juara ketiga dalam proyek pengembangan potensi perikanan Nila Salin.

“Baru-baru ini saya memberikan pemaparan terkait investasi Nila salin. Alhamdulillah dari 35 kabupaten/ kota, kemarin saya mendapat juara tiga”, ungkapnya.

Dengan adanya kepengurusan Apindo yang baru ini, Haryanto berharap agar nantinya dapat bersinergi dengan pemerintah dan Serikat Pekerja yang ada.

Ia menyebut Pemkab Pati selama ini selalu menjalin kerjasama yang baik dengan berbagai perusahaan. Karena itu, pada setiap kegiatan dan perayaan Hari Buruh di Kabupaten Pati, tidak pernah terjadi gejolak yang berarti.

Baca Juga:  NJOP Kudus Naik Hingga 100 Persen, Warga Bisa Ajukan Keringanan

Haryanto pun memberikan selamat kepada Agus Setiawan yang telah terpilih menjadi ketua Apindo Pati yang baru melalui musyawarah dan mufakat.

“Selama dua tahun terakhir, pelaku usaha  sempat terdampak pandemi. Sehingga kami masih berupaya dengan sekuat tenaga untuk melalukan pencegahan-pencegahan dan pemulihan ekonomi khususnya di wilayah Kabupaten Pati”, jelasnya.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada beberapa perusahaan yang masih tetap berjalan, sekalipun juga masih ada kendala.

“Sehingga dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Pati sangat memberikan kemudahan terhadap investasi yang ada”, sebut Haryanto.

Sementara itu, prosesi pelantikan pengurus DPK Apindo Kabupaten Pati, dihadiri sejumlah pengusaha, ketua DPP Apindo Jawa Tengah serta perwakilan Kapolres dan perwakilan Dandim Pati.  Agus Setiawan terpilih menjadi Ketua DPK Apindo Kabupaten Pati 2021– 2026. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *