30 Desa dan Kelurahan Jadi Percontohan Desa Sadar Hukum di Kabupaten Demak

oleh -3 views
Bupati Demak, dr. Hj, Eiti’anah membuka sosialisasi “Desa sadar hukum dan pembinaan bagi desa sadar hukum di Kabupaten Demak” secara virtual. (Foto: Diskominfo Demak)

Beritaplatk, Demak- Bupati Demak, dr. Hj. Eisti’anah, SE meminta Para lurah maupun kepala desa (Kades) di Kabupaten Demak, diharapkan dapat memahami konsep desa/kelurahan sadar hukum.

Selain itu, mereka dituntut bisa mengimplementasikan pembentukan keluarga sadar hukum (Kadarkum) di wilayahnya masing-masing.

Penegasan itu diungkapkan Bupati Demak, dr. Hj, Eiti’anah, saat membuka sosialisasi “Desa sadar hukum dan pembinaan bagi desa sadar hukum di Kabupaten Demak” secara virtual, Senin (15/11/2021) di Command Center Demak.

Bupati Demak menjelaskan, pembentukan kelompok Kadarkum di desa/kelurahan, menjadi sebuah keharusan. Tujuannya agar setiap anggota masyarakat, mengetahui dan meningkatkan kesadarannya akan hak dan kewajibannya sebagai Warga Negara Indonesia.

Ia juga berharap kepada 30 desa/kelurahan binaan sadar hokum, untuk terus meningkatkan pengetahuan dan pemahaman produk hukum daerah.”Saya harap 30 desa binaan ini dapat menjadi contoh dan inspirasi bagi desa/ kelurahan lainnya, ” pintanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kabag Hukum Setda Demak, Kendarsih Iriani menambahkan, dengan banyaknya Desa/Kelurahan Binaan Sadar Hukum maupun Desa/Kelurahan Sadar Hukum, akan dapat meningkatkan kesadaran hukum pada masyarakat.

 

“Misalnya kesadaran dalam membayar PBB P2, dan penyelesaian permasalahan hukum di Desa/Kelurahan dapat diselesaikan secara nonlitigasi oleh Kelompok Keluarga Sadar Hukum, “ungkapnya.

Acara yang digelar oleh Bagian Hukum Setda Demak tersebut, juga dihadiri Wakil Bupati Demak, KH Ali Makhsun, jajaran Forkopimda Demak, Asisten Pemerintah dan Kesra Sekda sebagai narasumber.

Peserta dari para camat, lurah dan kepala desa, perangkat desa, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh pemuka agama. (**).

 

 

-demakkab.go.id-

Baca Juga:  Sebar Ujaran Kebencian di FB, Advokat Kota Semarang Ini Diganjar Kurungan 1,4 Tahun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.