Tingkatkan Profesionalitas dan Beretika, PWO Jepara Gelar Pelatihan Jurnalistik

oleh -15 views
Kapolres Jepara AKBP Warsono bersama ketua PWO IN Jateng dan ketua PWO IN Jepara saat menghadiri pelatihan jurnalistik di Hotel Jepara Indah. (Foto: Ist)

Beritaplatk, Jepara-  Peran media online memiliki sangat besar dalam dunia pers saat ini. Sebab kemajuan teknologi telah membawa masyarakat kepada budaya digital. Karena itulah, media digital perlu dikelola dengan profesional didasarkan pada kode etik jurnalistik.

Hal itu dikatakan Drs. Rahmat selaku ketua DPW Persatuan Wartawan Online (PWO) Independen Nusantara Jawa Tengah, saat membuka pelatihan jurnalistik di lobi utama Hotel Jepara Indah, Selasa (10/11/2021).

Rahmat menjelaskan, PWO sebagai organisasi para wartawan online berhimpun, tentu memiliki komitmen dan loyalitas terkait dengan UU Pers maupun kode etik jurnalistik.

“Karena itu, saya mengajak seluruh anggota PWO untuk benar-benar memedomani standar etik jurnalistik,” pintanya dihadapan 110 peserta, yang terdiri atas wartawan, mahasiswa, LSM dan pelajar.

Menurut Rahmat, saat ini PWO telah memiliki kepengurusan di 22 kabupaten/kota yang ada di Jawa Tengah. Karena itu, bagi wartawan media online yang hendak bergabung, maka dipersilakan untuk menghubungi pengurus yang ada di daerahnya masing-masing.

“Disamping harus memiliki persyaratan keterampilan jurnalistik, anggota PWO juga harus menjunjung tinggi kode etik jurnalistik,” terangnya.

Sedangkan ketua PWO Kabupaten Jepara, H. Ali Achwan menambahkan, kegiatan itu untuk memberikan bekal keterampilan teknik jurnalistik, etika jurnalistik, beserta berbagai peraturan perundang-undangan yang menyangkut dunia pers.

Disamping itu juga diberikan pengetahuan tentang teknologi informasi yang sangat diperlukan bagi tugas jurnalistik di media online. “Harapan PWO dengan bekal tersebut, mereka dapat melaksanakan tugas jurnalistik dengan benar,” ujar Ali Achwan.

Sementara itu, Kapolres Jepara AKBP Warsono yang hadir dalam acara itu, mengaku berterima kasih kepada PWO IN Jepara, karena telah membuat kegiatan positif yang tentunya memberikan edukasi kepada masyarakat atau para wartawan. Yakni agar bisa menulis sesuai atau membuat berita yang objektif, berimbang, tidak hoaks dan tidak mudah kemakan hoaks.

Baca Juga:  Dinilai Bermanfaat bagi Pemkab Blora, Program Kotaku Diharapkan Bisa Berkelanjutan

 

“Harapan saya, tolong semua peserta nantinya benar-benar serius dalam mengikuti pelatihan ini, agar bisa membawa aspirasi masyarakat dan bermanfaat untuk kemajuan bangsa. Untuk teman-teman PWO, saya harap sinergitas antara PWO dan Polres Jepara benar-benar terjalin dengan baik kemitraanya,” katanya.(nik/pra)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.