Miris, Rapat Paripurna DPRD Jepara Cuma Dihadiri 15 Orang. Rapat Paripurna Interpelasi Terpaksa Ditunda

oleh -12 views

beritaplatk, Jepara- Karena tak memenuhi kuorum, rapat Paripurna DPRD Jepara dengan agenda Pengusulan Hak Interpelasi, akhirnya ditunda, Rabu (27/10/2021). Penundaan rapat yang sebelumnya dibuka oleh Ketua DPRD Jepara, Haizul Ma’arif ini, karena hanya dihadiri oleh 15 orang anggota DPRD saja.

Berdasarkan daftar hadir dari Sekretariat DPRD setempat, jumlah anggota yang hadir sebanyak 15 orang saja. Mereka berasal dari Partai Nasdem 6 orang, PDI Perjuangan 6 orang, PPP 1 orang, PKB 2 orang.

Saat membuka rapat itu, Haizul Ma’arif didampingi 3 Wakil Ketua DPRD, yakni Junarso, Pratikno dan Nuruddin Amin. Hak interpelasi tersebut diajukan oleh pengusul, terkait dengan pencopotan jabatan Sekda Jepara, Edy Sujadmiko oleh Bupati Dian Kristiandi.

“Karena itu, berdasarkan Peraturan DPRD Jepara No 1 tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan DPRD No. 1 tahan 2018 tentang Tata Tertib DPRD Jepara, rapat paripurna tidak memenuhi kuorum. Untuk mencapai kuorum, harus dihadiri oleh lebih dari ½ (satu per dua),” ujarnya.

Haizul Maarif menjelaskan, jumlah anggota DPRD Jepara saat ini adalah 49 orang, sehingga untuk kuorum harus dihadiri minimal 25 anggota DPRD. Karena tidak memenuhi kuorom, maka Rapat Paripurna dengan agenda Pengusulan Hak Interpelasi di tunda dan akan jadwalkan kembali oleh Badan Musyawarah DPRD.

Berdasarkan daftar hadir dalam persidangan tersebut, tercatat 15 anggota DPRD hadir yang terdiri dari PPP Haizul Ma’arif, PKB Nuruddin Amin dan Ahmad Sholikin, PDI Perjuangan Edy Ariyanto, Fardinal Sasono, Sutrisno, Yuni Sulistyo, Saiful Muhammad Abidin. Sementara dari Partai Nasdem seluruh anggotanya hadir yang terdiri dari Pratikno, Jumar, Sunarto, Padmono Wisnugroho, Nur Hidayat, Arlisfian Tegar Wijaya

Sementara 34 anggota DPRD yang tidak hadir, dari PDI Perjuangan 2 , Dari PPP 9 , 5 anggota DPRD dari Partai Gerindra, 4 dari PKB, Untuk Golkar terdapat 4 anggota DPRD , Dari Demokrat 2, Untuk PKS 2, PAN 2 , Partai Perindo 2 , Partai Hanura 1 , dan Partai Berkarya 1.(**)

Baca Juga:  Rawan Bencana Alam, Pemkab Demak Tingkatkan Kewaspadaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *