Empat Gua Patiayam Kudus Jadi Destinasi Wisata Baru

oleh -9 views

beritaplatk, Kudus – Empat gua yang berada di kawasan Pegunungan Patiayam, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, kini telah ditetapkan oleh Pemkab Kudus menjadi daya tarik wisata baru di Kota Kretek.

Dari belasan Gua yang ditemukan, terdapat empat lokasi yang terpantau setelah dibukanya wisata tersebut. Pengunjung juga diperbolehkan untuk melihat Gua peninggalan zaman Jepang di kawasan Pegunungan Cangkraman Patiayam.

Kepala Desa Terban, Supeno mengatakan, ada belasan gua di kawasan tersebut. Kini sudah dibuka empat gua dan dapat digunakan untuk berwisata.

“Gua Dalem memang sudah ada sejak dulu ya, itu merupakan peninggalan leluhur. Selain Gua Dalem ada belasan Gua lainnya peninggalan zaman jepang. Guanya sudah ke buka ada empat itu. Satu Gua Dalem, yang tiga peninggalan zaman Jepang,” ujar Supeno pada Kamis (28/10).

Menurut Supeno, Gua yang sudah dibuka mempunyai bentuk yang unik. Diantaranya berbentuk seperti huruf L, I, dan T. Diperkirakan simbol huruf tersebut memiliki makna sebagai Gua intai.

“Bentuknya T, I, dan L. Maknai banyak sandi dalam membuat Gua. Yang sudah sandi huruf, maknanya tiga gua kok gua intai semua,” terang Supeno

Supeno menjelaskan, belasan Gua lainnya akan dibuka secepatnya. Terlebih Gua tersebut memiliki daya tarik sendiri untuk wisatawan mengenal lebih daerah kudus khususnya Patiayam. Dia berharap kedepannya, wisata kawasan Pegunungan tersebut bisa dikenal banyak orang. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian warga setempat.

“Memang visi misi saya memajukan sektor wisata desa. Kita sudah ada SK desa wisata berkembang. Saya terpacu setidaknya Terban kawasan dengan banyaknya potensi ini akan munculnya UMKM muncul dan bisa dinikmati masyarakat. Maka kita mulai buka potensi wisata yang ada disini,” jelas Supeno

Baca Juga:  Peringati HKN ke 57, Bupati Demak Resmikan Laboratorium Kesehatan

“Ruang terbuka mulai kita buka. Kendala satu terkait jalan, jadi saya punya keyakinan jalan Daendels jalan perhutani dijembatani (ada perbaikan jalan) pemerintah sudah rampung, Patiayam akan menjadi kota,” katanya. Kamis (28/10/2021).(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *