39 TKA China di Jepara Dinyatakan Bebas Virus Corona, Empat Lainnya Masih Dipantau

oleh -3 views

Jepara – Setelah selama 14 hari menjalani masa pengawasan kesehatan dari Pemkab Jepara, akhirnya 39 dari 43 Tenaga Kerja Asing (TKA) China dinyatakan sehat. Mereka sebelumnya dikhawatirkan terkontaminasi virus corona, menyusul kepulangan mereka ke kampung halamannya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P3K) di Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara dr Fachruddin menyatakan, pengawasan terhadap mereka sudah berakhir. Dari hasil pemantauan, tidak ditemukan hal-hal yang mengkhawatirkan terutama kemungkinan tertular virus corona.

”DKK akhirnya mengeluarkan surat hasil pemeriksaan terhadap 39 TKA asal China tersebut. Mereka dinyatakan sehat dan dapat melaksanakan aktivitas kerja. Sebelumnya, sejak kedatangan mereka kembali dari China setelah liburan Imlek, para TKA itu tidak diperkenankan beraktivitas di tempat kerjanya,” ujar dr Fachruddin, Rabu (19/2/2020).

Ia menjelaskan, mereka yang mendapatkan surat hasil pemeriksaan ini, telah menjalani masa pemeriksaan selama 14 hari (masa inkubasi) setelah kedatangannya ke Indonesia. Selama itu, mereka diminta untuk beristirahat terlebih dulu, dan tidak melakukan aktivitas kerja, hingga benar-benar dinyatakan bebas dari virus corona.

Tim DKK Jepara sendiri melakukan pemeriksaan secara rutin tiga kali sehari selama 14 hari sesuai masa inkubasi virus corona. Di Kabupaten Jepara sendiri sebenarnya ada 43 orang TKA asal China yang terdata.

”Saat ini masih ada empat orang TKA China yang masih dalam pengawasan dan pemantaun. Mereka tiba kembali ke Indonesia belakangan dibanding 39 orang yang sudah dinyatakan sehat. Empat orang ini baru akan selesai menjalani batas pengawasan dan pemeriksaan selama 14 hari pada Minggu ini dan Minggu depan,” tambah dr Fachruddin.

Terpisah, Ketua Komisi C DPRD Jepara Nur Hidayat menyatakan sangat mengapresiasi langkah yang ditempuh Pemkab Jepara. Bagaimanapun dalam hal ini semua pihak harus memasang sikap waspada terhadap masalah corona ini.

Baca Juga:  Digandrungi Pasar Internasional, Industri Batik di Pati Diminta Tingkatkan Kualitas Ekspor

Langkah untuk merumahkan para TKA China dan melakukan pengawasan terhadap mereka menurutnya merupakan langkah kewaspadaan yang tepat. Selanjutnya, pihaknya meminta agar DKK tetap terus memberikan pengawasan terhadap mereka, mengingat masalah corona sampai saat ini belum teratasi.

Sumber murianews.com https://www.murianews.com/2020/02/19/182862/39-tka-china-di-jepara-dinyatakan-bebas-virus-corona-empat-lainnya-masih-dipantau.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.